Mohon tunggu...
Firsty Ukhti Molyndi
Firsty Ukhti Molyndi Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger | Korean Enthusiast | Cerebral Palsy Disability Survivor

Seorang blogger tuna daksa dari Palembang. Memiliki minat tulis-menulis sejak kecil. Menulis berbagai problematika sehari-hari dan menyebarkan kepedulian terhadap kaum disabilitas. Blog: www.molzania.com www.wahkorea.com

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Hai Teman Lama, Janganlah Bukber Membuatmu Melalaikan Shalat

14 Maret 2024   10:00 Diperbarui: 14 Maret 2024   10:18 1598
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan makan di restoran.

Makin dewasa, makin males ikutan agenda bukber. Apalagi sama temen-temen satu sekolah dulu. Selain pesertanya sudah berumah tangga semua. Proses mengumpulkan teman-teman yang berkomitmen ikutan juga nggak mudah.

Enakan dulu, pas baru-baru lulus. Jauh lebih ramai, karena rata-rata memang masih sendirian. Masih bisa bebas mau haha hihi. Kalau udah punya suami dan anak, prioritasnya sudah beda. 

Nah ngomong-ngomong soal bukber, sering kali kita menghadapi berbagai pilihan. Banyak diantaranya malah menimbulkan dosa dan maksiat. Salah satunya kebiasaan meninggalkan salat. Itu sih yang paling bikin males. 

Sisi Positif dan Negatif Bukber

Tahun lalu, aku sempat ikutan bukber. Kalau nggak salah, sejauh ini aku sudah dua kali ikutan bukber. Dari semua jenjang sekolah, teman-teman SMP-lah yang paling aktif.  

Bukan, bukan masalah nggak mau ketemu sama temen-temen. Untukku yang ambivert, tentu nggak masalah mau ngobrol sama teman-teman lama.

Tapi memang, setiap tahun yang daftar itu makin sedikit. Paling ya itu lagi, itu lagi. Gak masalah sih, sebenarnya. Toh, sampai di restoran pun paling agendanya makan bareng dan foto-foto.  

Sisi positifnya seneng dong pasti bertemu teman lama. Apalagi mereka yang bawa anak-anak. Saban tahun gak berasa lihat perkembangannya. Dari yang awalnya masih bayi, tau-tau udah masuk sekolah SD.

Dibalik semua kesenangan itu, kadang waktu jadi tidak terasa. Cepat sekali berlalu. Sebelum adzan, hari-hari biasa udah siap-siap mau salat dan mengaji. Tapi pas bukber, malah asik bercandaan sama teman.

Setelah adzan, lanjut makan. Sesudahnya, malah keterusan mengobrol. Belum lagi kalau udah asyik foto-foto sama temen cewek dan cowok. Akhirnya malah jadi lupa waktu. Tahu-tahu udah isya' aja.

Hukuman Bagi yang Melalaikan Salat

Tulisan ini bisa menjadi reminder untuk semuanya. Jangan sampai bukber malah membuat kita melupakan kewajiban utama. Ngeri banget dosanya. Terancam masuk neraka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun