Mohon tunggu...
Mohammad Syarrafah
Mohammad Syarrafah Mohon Tunggu... Penulis

Pernah belajar di TEMPO memungut serpihan informasi di jalanan. Bisa dihubungi di email: syarraf@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Sakitnya Bu Risma dan Isu Hoaks yang Menyertainya

1 Juli 2019   17:38 Diperbarui: 1 Juli 2019   17:55 175 0 0 Mohon Tunggu...
Sakitnya Bu Risma dan Isu Hoaks yang Menyertainya
Senyum tulus Wali Kota Risma/Dok. Humas Pemkot Surabaya

Untuk yang kesekian kalinya saya menuliskan tentang Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di forum ini. Tiada maksud bagi saya selain terus mengajak kepada semua pihak untuk selalu mendoakan beliau yang sampai saat ini masih terbaring di rumah sakit. Beliau adalah sang pemimpin sejati yang selalu mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk memikirkan Surabaya dan kesejahteraan warganya.

Tercatat sudah 6 hari ini Bu Risma sakit dan harus di rawat di rumah sakit. Awalnya, wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu dirawat di Rumah Sakit Soewandhi. Kemudian dilanjutkan perawatannya di RSUD Dr Soetomo.

Setelah 5 hari di rawat, akhirnya Minggu kemarin sekitar pukul 15.30 WIB, Bu Risma dipindahkan dari ruangan ICU Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD Dr Soetomo ke ruang rawat inap di Graha Amerta RSUD Dr Soetomo.

Tim dokter yang merawatnya memastikan kondisi Bu Risma sudah sangat baik dan stabil. Bahkan, beliau sudah bisa berkomunimasi dengan keluarga dan sudah bisa makan sendiri tanpa disuapi.

Semua alat yang menempel di tubuhnya juga sudah dilepas, tersisa infus untuk menambahkan gizi makanannya. Tentu ini berkat doa dari warga Surabaya dan masyarakat Indonesia dalam mendoakan kesembuhan beliau.

Karena kondisinya sudah membaik, mungkin Bu Risma agak bosan makan makanan rumah sakit. Dia pun meminta makan bubur dengan abon. Kemudian siang harinya, dia minta makan capcay.

Ternyata, tim dokter yang menanganinya tidak mempermasalahkannya, artinya Bu Risma sudah diperbolehkan untuk makan apa saja, asalkan bukan makanan yang pedas-pedas. Wali kota yang sarat prestasi itu akhirnya bisa makan lahap.

Isu Hoax Menyertainya

Di tengah perjuangan Bu Risma melawan penyakitnya, ternyata ada oknum-oknum tak bertanggung jawab yang berusaha menyebarkan isu hoax tentang kondisi beliau.

Dengan dibumbui ajakan mendoakan beliau, narasi hoax itu menjelaskan Bu Risma lagi kritis. Tentunya, isu hoax ini membuat kekhawariran semua pihak, terutama warga Surabaya yang sangat mencintai beliau.

Setidaknya, ada tiga isu hoax yang menyertai sakitnya selama seminggu ini. Ketiga hoax itu membalikkan fakta bahwa kondisi Bu Risma semakin kritis. Padahal sebaliknya, kondisi Bu Risma dari hari ke hari menunjukkan tren yang positif dan terus membaik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN