Mohon tunggu...
Kawula Muda
Kawula Muda Mohon Tunggu... Jurnalis - Kelompok Kerja KKM tahun 2021-2022 di Desa Petungsewu Kecamatan Dau Kabupaten Malang

KKM-DR UIN Mengabdi tahun 2021-2022

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa Beri Edukasi Lewat Apoteker Cilik dan penamaan TOGA

5 Januari 2022   14:39 Diperbarui: 5 Januari 2022   14:48 262 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

 

           Rabu, 5 Januari 2022 kelompok kerja Kuliah kerja Mahasiswa (KKM) Kawula Muda mengadakan kegiatan Apoteker cilik (Apocil) dan penamaan tanaman obat keluarga (TOGA) di SDN Petungsewu 2. Kegiatan dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi sosialisasi Apoteker cilik dan dilanjutkan dengan sesi penanaman tanaman obat keluarga sebagai bentuk aksi nyatanya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan profesi apoteker serta tenaga kefarmasian, dan mengenalkan potensi tanaman obat keluarga demi peningkatan kesehatan kepada siswa tingkat sekolah dasar.

           Sesi sosialisasi dilakukan di dalam kelas dengan pemberian materi melalui powerpoint. Pemberian materi disampaikan oleh dua mahasiswa dari prodi farmasi sebagai divisi kesehatan dalam kelompok kerja Kawula Muda. Materi yang disampaikan meliputi pengenalan apoteker, tugas & wewenangnya, serta macam-macam obat salah satunya obat tradisional yang dikenal sebagai tanaman obat keluarga atau TOGA. Setelah penyampaian materi berlangsung pemateri memberikan games guna mengetahui pemahaman peserta didik tentang materi yang telah disampaikan.

          Sedangkan untuk sesi penanaman dilakukan di luar kelas. Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok dengan masing-masing kelompok didampingi oleh dua mahasiswa. Adapun tanaman yang digunakan yaitu bunga telang, jahe, Rosemary, kunyit, lempuyang, kunyit putih, jahe merah, temu lawak, dan temu kunci. Selain menanam, siswa juga diajak untuk memasang papan nama untuk setiap jenis tanaman tersebut.

          Setelah kedua sesi selesai, Pokja Kawula Muda menyerahkan kenang-kenangan berupa vandel kepada pihak sekolah sebagai bentuk rasa terimakasih. 

"Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu tanaman itu dimakan manusia, binatang ataupun burung melainkan tanaman itu menjadi sedekah baginya sampai hari kiamat." (HR. Muslim).

(Pokja Kawula Muda KKM UIN Mengabdi 2021-2022)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan