Mohon tunggu...
Mohammad Akib
Mohammad Akib Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Learn to be human

Selanjutnya

Tutup

Metaverse Pilihan

Metaverse Sebagai Inovasi Media Pembelajaran di Masa Depan, Mungkinkah?

10 Juli 2022   19:40 Diperbarui: 10 Juli 2022   21:37 387 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Gambar: godepok.com

Situasi pandemi covid 19 yang melanda Indonesia sempat melumpuhkan sejenak objek vital negara, tak terkecuali pendidikan. Akibat dari adanya pandemi, pemerintah sempat melarang kegiatan belajar mengajar tatap muka secara langsung karena dapat menjadi pusat mata rantai penularan virus. 

Alhasil siswa belajar secara mandiri dirumah cukup lama. Para pendidik diharuskan berfikir ekstra dan mengeluarkan segala kreatifitasnya untuk membuat sebuah model pembelajaran baru dengan tujuan menarik minat siswa untuk belajar dan agar materi  yang diajarkan dapat dipahami tanpa bertatapan muka secara langsung seperti waktu sebelum pandemi.

Pendidik diharuskan cepat dalam beradaptasi dengan media digital guna menjalankan ide-ide model pembelajaran baru yang telah dirancangnya. Zoom atau Google Meet menjadi pilihan utama untuk menyampaikan materi dan melangsungkan tanya jawab dengan para siswa secara langsung.

Sedangakan apabila ada kendala seperti siswa kekurangan kuota internet, pembelajaran via WA adalah jalan alternatif yang dapat dilakukan supaya kegiatan belajar mengajar tetap berjalan.

Seiring berjalannya waktu, teknologi terus berkembang pesat sehingga mau tidak mau sektor pendidikan harus mengikuti perkembangan tersebut. 

Belum lama ini, Mark Zuckerberg mengubah nama Facebook menjadi Meta dan juga mengutarakan keinginannya tentang membangun dunia virtual bernama metaverse. Di jagat media sendiri sempat ramai juga ketika Dr. Indrawan Nugroho menjelaskan tentang metaverse di Youtube pribadinya. 

Berita tentang metaverse pun menjadi perbincangan hangat bagi semua orang. Mungkinkah pendidikan dapat masuk ke dunia virtual? Apa itu dunia virtual bernama metaverse?

Belum ada definisi pasti tentang metaverse, namun secara gampangnya metaverse merupakan teknologi masa depan berupa ruang virtual di mana orang-orang dari seluruh dunia dapat berkumpul dan berkomunikasi menggunakan teknologi virtual. 

Metaverse memungkinkan kita untuk melakukan semua kegiatan layaknya di dunia nyata, seperti menonton konser, menghadiri rapat, membeli dan mencoba pakaian baru, berjalan jalan, bahkan berkenalan dengan orang baru layaknya di dunia nyata, dan lain sebagainya. Semua itu bisa dilakukan dalam sebuah dunia baru bernama metaverse.

Setelah pandemi, anak-anak atau bahkan kita sendiri lebih suka dan nyaman menghabiskan waktu dengan menatap layar digital dan berkomunikasi dengan teman-teman melalui digital daripada menghabiskan waktu di dunia nyata, secara tidak sadar kita sudah masuk ke dunia digital itu sendiri. Dengan melihat fakta kenyataan yang ada, bukan tidak mungkin jika metaverse akan terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan