Mohon tunggu...
Mohamad Gozali
Mohamad Gozali Mohon Tunggu... Guru - Pendidik di Madrasah Ibtidaiyah

Di dalam sejuta wajah, terpikat keunikan luar biasa. https://bangsaremukan.blogspot.com https://antiquecarcorner.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menciptakan Belajar yang Memikat: Menemukan Jumlah Murid yang Ideal dalam Kelas

31 Mei 2023   08:15 Diperbarui: 31 Mei 2023   09:03 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.pxfuel.com

Efektivitas Jumlah Murid yang Ideal dalam Kelas dalam Mencapai Tujuan Belajar

Pendidikan adalah salah satu pilar utama dalam pembangunan suatu negara. Dalam mencapai tujuan belajar yang efektif, faktor-faktor seperti metode pengajaran, kurikulum, dan lingkungan belajar memainkan peran yang penting. Namun, salah satu faktor yang sering diabaikan adalah jumlah murid yang ideal dalam kelas. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pentingnya jumlah murid yang tepat dalam mencapai tujuan belajar yang optimal.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah berapa banyak murid yang seharusnya ada dalam satu kelas. Banyak ahli pendidikan dan peneliti setuju bahwa jumlah murid yang ideal bervariasi tergantung pada tingkat pendidikan, metode pengajaran, dan kebutuhan individu. Namun, secara umum, banyak penelitian menunjukkan bahwa jumlah murid yang ideal adalah sekitar 20-25 orang.

Jumlah murid yang terlalu banyak dalam satu kelas dapat memiliki dampak negatif terhadap proses pembelajaran. Guru mungkin tidak dapat memberikan perhatian individu yang memadai kepada setiap murid. Kurangnya interaksi personal antara guru dan murid juga dapat mempengaruhi motivasi belajar mereka. Dalam kelas yang padat, murid cenderung merasa canggung untuk bertanya atau berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Smith dan Johnson pada tahun 2018, mereka menemukan bahwa semakin banyak jumlah murid dalam satu kelas, semakin rendah tingkat keterlibatan dan partisipasi murid dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa interaksi individu antara guru dan murid sangat penting untuk mencapai tujuan belajar yang optimal.

Selain itu, jumlah murid yang terlalu banyak juga dapat mempengaruhi kualitas penilaian dan umpan balik yang diberikan oleh guru. Dalam kelas yang padat, guru mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk memberikan umpan balik yang mendalam dan spesifik kepada setiap murid. Hal ini dapat menghambat perkembangan dan peningkatan kualitas belajar.

Namun, jumlah murid yang terlalu sedikit juga dapat memiliki dampak negatif. Dalam kelas yang terlalu kecil, interaksi antara murid juga dapat terbatas. Diskusi dan pertukaran gagasan yang luas mungkin tidak terjadi dengan frekuensi yang memadai. Selain itu, dalam beberapa kasus, kelas yang sangat kecil dapat menciptakan rasa terasing atau kesepian bagi murid-murid yang tidak mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan banyak teman sebaya.

Penting untuk dicatat bahwa efektivitas jumlah murid dalam kelas juga tergantung pada metode pengajaran yang digunakan. Misalnya, dalam pendekatan pembelajaran terbalik (flipped learning), di mana murid mempelajari materi secara mandiri sebelum sesi kelas, jumlah murid yang lebih banyak mungkin tidak menjadi masalah karena interaksi lebih fokus pada kegiatan diskusi dan pemecahan masalah.

Oleh karena itu, penting bagi sekolah dan institusi pendidikan untuk mempertimbangkan jumlah murid yang ideal dalam setiap kelas. Kebutuhan individu dan karakteristik murid juga harus dipertimbangkan dalam menentukan jumlah yang tepat. Kelas yang lebih kecil mungkin lebih cocok untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus atau mereka yang memerlukan perhatian lebih banyak. Di sisi lain, kelas yang lebih besar mungkin lebih sesuai untuk kegiatan diskusi yang luas atau untuk memperkenalkan keterampilan sosial yang lebih luas.

Selain itu, penting juga untuk mengembangkan strategi pengajaran yang sesuai untuk mengatasi tantangan yang mungkin muncul dalam kelas dengan jumlah murid yang berbeda. Guru perlu memastikan bahwa mereka mampu memberikan perhatian individu kepada setiap murid, memberikan umpan balik yang terperinci, dan mendorong partisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun