Mohon tunggu...
Mohamad Gozali
Mohamad Gozali Mohon Tunggu... Guru - Pendidik di Madrasah Ibtidaiyah

Di dalam sejuta wajah, terpikat keunikan luar biasa. https://bangsaremukan.blogspot.com https://antiquecarcorner.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Terlalu Nyaman di Zona Nyaman Anak Jadi Arogan

2 Maret 2023   07:54 Diperbarui: 2 Maret 2023   08:23 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://nakita.grid.id/read

Nah, kali ini kita bahas tentang akibat dari ortu yang terlalu baik hati, sampe nge-berlebihan ngasih fasilitas ke anak. Banyak anak muda yang mungkin seneng banget, dapetin apapun yang mereka minta. Tapi, apakah kamu pernah mikir kalo kebaikan ortu yang berlebihan itu bisa ngaruh buruk ke kamu?

Pertama-tama, hal yang sering terjadi adalah anak jadi tergantung sama ortu terus. Kalo semua keinginan dikabulin, gimana anak bisa belajar mandiri? Dia ga belajar cari sendiri solusi buat masalahnya, karena pasti selalu diatasi sama ortu. Kalo udah gini, bisa-bisa anak jadi malah enggak bisa survive di dunia luar nantinya.

Selain itu, anak juga bisa jadi sombong dan manja kalo keinginannya selalu dikabulin. Mereka bakal mikir kalo semua yang mereka mau pasti dikasih, dan merasa gaada hal yang mustahil buat mereka. Jadi, kalo di masa depan ada masalah atau kegagalan, mereka bakal kaget dan ga bisa menerima keadaan.

Gak cuma itu, kadang-kadang anak juga bisa jadi enggak bisa bersosialisasi sama temen-temennya. Kalo anak terbiasa dapet apa yang dia mau dari ortunya, pasti dia juga bakal ngarep dapet apa yang dia mau dari temen-temennya. Kalo ga dapet, ya dia bakal merajuk dan mungkin malah jadi enggak punya temen.

Nah, gimana solusinya? Ortu juga harus bisa kasih tahu anak tentang nilai-nilai hidup yang penting, seperti kerja keras, kejujuran, dan rasa syukur. Jadi, anak bakal belajar buat menghargai apa yang dia dapetin, dan ga cuma berfikir tentang apa yang dia mau aja.

Intinya, kebaikan ortu emang ga ada yang salah, tapi kalo terlalu berlebihan bisa jadi malah berdampak buruk buat anak. Jadi, mari belajar untuk mandiri dan bersyukur dengan apa yang kita punya, ya!

Selain itu, terlalu banyak fasilitas juga bisa membuat anak menjadi kurang peka terhadap lingkungan sekitar. Anak menjadi terbiasa dengan kondisi yang nyaman dan selalu dipenuhi, sehingga tidak merasakan adanya kekurangan atau masalah di sekitarnya. Padahal, dalam hidup kita selalu dihadapkan pada berbagai macam kondisi yang berbeda dan anak perlu belajar bagaimana menghadapi kondisi tersebut.

Selain itu, terlalu banyak fasilitas juga bisa membuat anak menjadi tidak tahu cara menghargai uang dan barang. Mereka menjadi kurang menghargai barang yang dimilikinya karena merasa bisa dengan mudah mendapatkannya kapan saja. Selain itu, mereka juga cenderung boros dan tidak bisa mengelola uang dengan baik karena tidak pernah merasakan susah untuk memperoleh uang.

Oleh karena itu, sebagai orangtua, kita perlu memberikan fasilitas yang cukup untuk anak dan mengajarkan kepada mereka bagaimana menghargai dan merawat fasilitas tersebut. Selain itu, kita juga perlu mengajarkan nilai-nilai hidup yang penting seperti kerja keras, kejujuran, dan rasa syukur.

Dalam hal ini, peran orangtua sangatlah penting. Orangtua harus memberikan contoh yang baik dan mengajarkan anak tentang nilai-nilai hidup yang penting sejak dini. Dengan demikian, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, peka terhadap lingkungan sekitar, dan bisa menghargai apa yang dimilikinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun