Mohon tunggu...
Muhammad Nidhal
Muhammad Nidhal Mohon Tunggu... Penulis medioker
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pengamat, pembaca, dan (calon) penulis. Bercita-cita membuahkan karya tulis yang bisa mengubah hidup banyak orang ke arah yang positif. #PeaceLoveUnity

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Laporan IMF: Diproyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Uzbekistan pada 2021

24 Februari 2021   20:32 Diperbarui: 24 Februari 2021   20:38 120 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Laporan IMF: Diproyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Uzbekistan pada 2021
Gambar Lambang Dana Moneter Internasional (IMF) di Kantor Pusat|Sumber gambar, https://akipress.com/

Dilansir dari Dunyo IA, tim staf Dana Moneter Internasional (IMF) yang dipimpin oleh Ron van Rooden melakukan misi jarak jauh dari 25 Januari hingga 16 Februari 2021 dalam rangka konsultasi Pasal IV 2021 dengan Uzbekistan.

Pada akhir misi, Mr. van Rooden mengeluarkan pernyataan berikut:

Perkembangan, Pandangan, dan Risiko Terkini

1. Pandemi COVID-19 telah berdampak -- tetapi sejauh ini relatif berumur pendek -- buruk pada ekonomi Uzbekistan. Meskipun pandemi menghantam ekonomi dengan keras pada paruh pertama 2020 dan menimbulkan kesulitan yang cukup besar, resesi dikendalikan oleh langkah-langkah pembendungan dan dukungan yang kuat serta tepat waktu.

Hal ini termasuk respons kesehatan masyarakat yang efektif dan penyebaran serangkaian langkah fiskal, moneter, dan keuangan, yang dimungkinkan oleh penyangga penting karena kebijakan makro-ekonomi yang bijaksana di tahun-tahun sebelumnya, dan terima kasih juga untuk dukungan internasional yang cukup besar. 

Reaksi kebijakan yang kuat ini memungkinkan melambung tajam dalam aktivitas pada paruh kedua tahun ini, sementara sektor pertanian dan konstruksi menunjukkan ketahanan sepanjang tahun. 

Hal ini mengakibatkan Uzbekistan berada di antara beberapa negara yang membukukan pertumbuhan keseluruhan positif pada 2020, pada tingkat 1,6 persen, meskipun ini masih sekitar 4 poin persentase lebih sedikit dari tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan sebelum pandemi.

2. Paket dukungan besar dari pihak berwenang sampai dengan tepat waktu dan tepat sasaran. Anggaran 2020 yang telah diubah termasuk pengeluaran tambahan yang cukup besar untuk perawatan kesehatan, bantuan sosial dan investasi, serta dukungan untuk bisnis, termasuk melalui keringanan pajak dan dukungan keuangan. 

Penyerapan aktual kurang dari yang diharapkan, sebagian mencerminkan perubahan aktivitas yang lebih cepat dari yang diharapkan, serta beberapa keterlambatan dalam pengeluaran investasi, yang mengakibatkan defisit fiskal keseluruhan sekitar 4.5 persen dari PDB pada tahun 2020, atau sekitar 2.5 poin persentase kurang dari yang dipertimbangkan dalam anggaran yang diubah. 

Bank Sentral Uzbekistan (CBU) menurunkan suku bunga kebijakannya dan memberikan tambahan likuiditas kepada perbankan, sehingga mendukung likuiditas dan kredit secara keseluruhan. Bank didorong untuk memungkinkan perusahaan dan rumah tangga untuk menunda pembayaran pinjaman, memberikan keringanan keuangan yang cukup besar. 

Inflasi terus turun, meskipun harga pangan yang lebih tinggi menjaga inflasi secara keseluruhan dalam digit ganda yang rendah, mengakhiri tahun hanya di atas 11 persen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x