Mohon tunggu...
Moch Nur Zamzam
Moch Nur Zamzam Mohon Tunggu... Jurnalis - Hanya Antusias

Melangkahkan jejak dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Piala Sudirman 2021, Indonesia Tumbang di Perempat Final

2 Oktober 2021   17:26 Diperbarui: 2 Oktober 2021   17:29 100 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bulutangkis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Vladislav Vasnetsov

Dalam turnamen bulutangkis beregu yang berlangsung dua tahun sekali ini, Indonesia harus menelan pil pahit usai tersingkir di babak perempat final. Bertemu dengan negara serumpun Malaysia, Indonesia turun dengan skuad terbaik di setiap nomor yang dipertandingkan. Laga sengit yang berlangsung di kota Vantaa, Finlandia tersebut berkesudahan dengan skor 3-2 untuk kemenangan Malaysia.

Pada laga pertama yang mempertandingkan nomor ganda putra, Indonesia menurunkan pemain no. 1 dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo yang berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon. Sementara Malaysia menurunkan pasangan muda yang sedang on fire yakni Aaron Chia yang berpasangan dengan Soh Wooi Yik. 

Dalam laga tersebut, kedua pasangan bermain dalam tempo yang cukup sedang. Kendati demikian, pasangan Indonesia banyak melakukan kesalahan sendiri yang menyebabkan nyamannya pasangan Malaysia memanfaatkannya menjadi angka demi angka. 

Di sisi lain pasangan Indonesia yang terkenal dengan permainan cepatnya tidak begitu tampak dalam pertandingan ini, the Minions sapaan akrab bagi Kevin dan Marcus bermain di bawah performa terbaiknya dan laga berkesudahan dengan straight game untuk kemenangan Aaron Chia dan Soh Wooi Yik 21-12 dan 21-15, sekaligus membawa timnas Malaysia unggul 1-0.

Laga kedua yang mempertandingkan nomor tunggal putri, Indonesia menurunkan atlet terbaiknya saat ini yakni Gregoria Mariska Tunjung, adapun Malaysia menurunkan Kisona Selvaduray. 

Dalam laga ini, kedua pemain bermain sangat atraktif dan agresif ditandai dengan banyaknya jual-beli serangan antar pemain dan ketatnya pertandingan. 

Laga ini berlangsung dengan tiga game dengan skor yang sangat tipis 22-20, 18-21 dan 21-19 untuk kemenangan Gregoria Mariska Tunjung yang sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Pada laga ketiga, timnas Indonesia menaruh harapan besar kepada tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting untuk membalikkan keadaan dan memberikan angin segar bagi skuad timnas Indonesia. 

Melawan tunggal putra muda Malaysia Lee Zii Jia, di luar dugaan Ginting menyerah dua game langsung dengan skor 11-21 dan 16-21. Dengan hasil ini, kedudukan kembali berubah untuk keunggulan timnas Malaysia 2-1.

Pada pertandingan selanjutnya yang menurunkan nomor ganda putri, Indonesia menurunkan peraih medali emas Olimpiade Tokyo atas nama Greysia Polii yang berpasangan dengan Apriani Rahayu. Pasangan Indonesia ini ditantang oleh ganda putri Malaysia Pearly Tan dan Thinaah Muralitharan. 

Laga yang berlangsung ketat ini berkesudahan untuk kemenangan Greyap, sapaan akrab bagi ganda putri Indonesia, dengan rubber game 22-20, 17-21 dan 21-18, yang menjadikan skor kembali imbang 2-2.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bulutangkis Selengkapnya
Lihat Bulutangkis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan