Mohon tunggu...
M. Jojo Rahardjo
M. Jojo Rahardjo Mohon Tunggu... Maksimalkan fungsi otak hanya dalam hitungan hari.

Pakar neuroscience mendefinisikan positivity: "Sebuah kondisi di otak di mana otak bekerja maksimal, sehingga otak lebih cerdas, kreatif, inovatif, analitis, mampu memecahkan masalah, tahan terhadap tekanan dan mudah lepas dari depresi, fisik lebih segar, immune system membaik, dan lebih cenderung berbuat kebajikan". ______________________________________________________________________________ Tulisan M. Jojo Rahardjo tentang positivity atau positive psychology bisa dibaca juga di Facebook Fan Page "Membangun Positivity".

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Memiliki Hewan Peliharaan Bisa Memberikan "Positivity"

25 November 2015   09:46 Diperbarui: 25 November 2015   10:42 0 0 0 Mohon Tunggu...

Menurut American Pet Products Association (APPA), 62% orang Amerika memelihara hewan peliharaan. Masyarakat di Amerika menghabiskan lebih dari 60 milyar dollar per tahun untuk hewan peliharaan mereka menurut survey yang dilakukan oleh APPA.

Salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara adalah anjing. Banyak orang yang menganggap anjing yang mereka miliki sebagai anggota keluarga, bukan sekedar hewan, apalagi hewan liar. Anjing sebagai anggota keluarga manusia mungkin sudah setua usia peradaban manusia, yaitu belasan ribu tahun.

Berbagai jenis ras anjing yang populer dipelihara sebagai hewan peliharaan, bukan anjing yang masih memiliki habitat di alam bebas. Anjing-anjing ini sudah berevolusi atau beradaptasi untuk hidup hanya dengan manusia.

Mungkin belum ada penelitian tentang anjing peliharaan di seluruh populasi manusia di dunia. Ada bangsa atau agama tertentu yang memiliki ajaran untuk menghindari anjing, meski dengan alasan yang paling tak masuk akal atau tak sesuai dengan ilmu pengetahuan. Padahal jika pernah memiliki anjing, maka anda tahu anjing seperti hewan peliharaan lainnya dapat memberikan positive emotions atau positivity setiap hari yang berarti memperbaiki kebahagiaan anda dan juga kesehatan anda. Anjing bisa menjadi "penengah" di antara pasangan atau anggota keluarga. "Penengah" ini sama sekali tidak akan memihak siapa saja yang mau bermain dan mendapatkan positivity darinya.

Sudah banyak penelitian positive psychology untuk melihat peran anjing dalam memberikan positivity. Di bawah ini adalah beberapa peran anjing bagi manusia yang cukup penting untuk diketahui.

Membuat anda lebih aktif.

Setiap anjing membutuhkan olahraga setiap hari, bahkan 2 kali sehari. Jika tidak, anjing akan seperti manusia, menjadi mudah sakit karena depresi. Menemani anjing untuk berjalan-jalan di luar rumah memaksa anda untuk juga bergerak dan berada di tempat di mana anda bisa bertemu dengan orang-orang yang anda kenal atau tidak anda kenal. Kemungkinan untuk melempar senyum ada bertegur-sapa menjadi lebih besar. Semua aktivitas di luar rumah itu sangat baik untuk menumbuhkan positivity.

Menurunkan gejala stress.

Penelitian menunjukkan bahwa berinteraksi, menyentuh atau membelai anjing membuat tekanan darah menjadi normal. Setidaknya satu hormon Endorphin yang disuplay ke otak. Sebagaimana kita tahu endorphin adalah senyawa kimiawi yang membuat kita merasa nyaman seperti morphine, namun membuat otak anda menjadi positif.

Sebuah penelitian di University of Missouri menunjukkan bahwa saat orang sedang berinteraksi dengan anjing peliharaannya, otak akan mendapat suplai beberapa hormon berikut: beta endorphin, prolactin, dopamine, oxytocin, dan beta phenylethylamine. Semua hormon atau senyawa kimiawi di otak ini berkaitan dengan rasa nyaman yang membuat otak menjadi lebih positif atau bahagia. Selain menyuplai hormon-hormon tersebut, penelitian melihat adanya 1 hormon yang menurun suplainya yaitu hormon cortisol. Hormon ini bertanggungjawab terhadap munculnya stress dan depresi.

Menjadi sarana untuk mendapatkan teman baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x