Mohon tunggu...
Mita
Mita Mohon Tunggu... Kerja dari rumah.

Minat yang terlalu sering berubah-ubah

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Keajaiban Akumulasi Dalam Kehidupan

1 Maret 2018   14:56 Diperbarui: 21 Maret 2018   10:55 1066 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keajaiban Akumulasi Dalam Kehidupan
dari https://www.researchgate.net/figure/A-landfill-for-accumulation-of-waste-rubber_fig5_262880860

Akumulasi menurut KBBI berarti  pengumpulan, penimbunan atau penghimpunan. Untuk yang biasa menulis laporan keuangan pasti tahu, itu adalah jumlah yang terkumpul hari itu, dijumlahkan dengan hari kemarin, sejak awal bulan. Misal akumulasi penjualan pada tanggal 5 adalah penjumlahan dari penjualan tanggal 1 s/d 5; kira kira begitu.

Mengapa akumulasi ajaib? karena jika teori akumulasi ini diterapkan dalam segala aspek dalam kehidupan, hal itu bisa merubah hidup anda.

Akumulasi hal hal kecil dalam hidup ternyata membentuk kehidupan itu sendiri. Akumulasi hal yang negatif, bisa dipastikan menjadikan hidup anda sengsara, menyedihkan, secara umum kualitasnya kurang baik. Sebaliknya akumulasi hal positif akan menjadikan hidup anda menyenangkan, sehat, sejahtera, bisa disimpulkan secara umum lebih baik.

Mengapa?

Karena akumulasi itu.  Pepatah dahulu mengatakan: sedikit demi sedikit, lama lama menjadi bukit.  Wooow betapa peribahasa itu sangat tepat dan betul sekali.  Coba saja diterapkan dalam kehidupan sehari hari.  

Misalnya anda sudah merokok selama bertahun tahun. Coba hitung harga rokok yang telah anda bakar dari tahun pertama mulai merokok sampai sekarang.  Berapa jumlahnya? Besar kan? Itu dari sisi keuangan.  Sekarang dari segi kesehatan.  Bagaimana kondisi paru paru anda sekarang? Apakah pernah dicek? Bagaimana kondisi gigi? Atau kondisi kulit disekitar mata dan bibir? Warna putih mata? Gusi? Kuku tangan? Tekanan darah? Berdahak setiap pagi?

Pernah membaca kisah sepasang suami istri dari Mojokerto yang menyimpan uang koin selama bertahun tahun didalam botol aqua galon? Mereka bisa menyimpan koin hingga senilai 60 juta rupiah. Itulah hebatnya akumulasi.

Kini setelah menyadari kehebatan akumulasi, kita bisa mulai menata hidup supaya lebih baik berdasarkan hal itu. Akumulasi ini bisa mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Mari kita coba bahas satu persatu.

Finansial

Kehebatan akumulasi bisa dilihat dalam hal finansial. Dari jaman dahulu kala semua orang sudah bilang, 'sedikit demi sedikit, lama lama menjadi bukit'.  'Bang bing bung yuk kita nabung'. Usahakan menyimpan sebagian dari pendapatan untuk menabung, setiap bulan jika pendapatan anda bulanan, atau setiap anda mendapatkan keuntungan jika dari usaha.  

Tabungan bisa digunakan untuk uang muka jika kita ingin membeli sesuatu secara kredit, entah itu kendaraan atau rumah. Bahkan anda bisa membeli sesuatu tanpa kredit jika tabungan anda sudah banyak! Selain itu jika kita mau mulai berinvestasi, kita harus menabung dulu untuk mengumpulkan uangnya. Tentu saja kita bisa membeli mobil atau rumah atau investasi jika kita 'ketiban rejeki'. Tapi sembari menunggu ditibanin rejeki, kita bisa menabung, itu lebih pasti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN