Mohon tunggu...
Misbah Murad
Misbah Murad Mohon Tunggu... O - "Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Demi Waktu

14 Maret 2020   19:35 Diperbarui: 14 Maret 2020   19:33 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Managemen Waktu 

Setiap manusia diberi waktu dan kesempatan yang sama selama satu hari, yaitu 24 jam, namun tidak semua orang mampu mengolah 24 jam yang dia miliki menjadi efektif. Ini semua karena masing-masing orang memiliki kemampuan dalam mengatur manajemen waktu yang berbeda-beda.

Secara ilmiah manajemen waktu adalah suatu perencanaan, mengorganisir, menggerakan, dan pengawasan, terhadap produktivitas waktu.

Setiap individu harus dapat mengelola waktu dengan baik, karena waktu merupakan sumber daya yang harus dikelola, agar tujuan yang ingin di capai dapat diraih dengan efektif dan efisien.

Islam, dalam Al-Qur`an surah Al Ashr, mengatakan "Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasehati supaya menaati kebenaran dan saling menasehati supaya menetapi kesabaran."

Sudah sangat jelas, kita sebagai hamba harus dapat mengatur waktu dengan baik, semua ada hak-haknya, mata, badan, tangan, kaki, begitu juga dengan kegiatan-kegiatan sehari-hari, baik dalam keluarga maupun dalam dunia kerja.

Gejala yang nampak ketika tidak mampu mengatur waktu

  1. Sering terlambat
  2. Serba terburu-buru
  3. Tidak sabar
  4. Tidak mampu menetapkan target yang ingin di capai
  5. Suka menunda pekerjaan dengan alasan tidak jelas
  6. Kinerja tidak sempurna
  7. Selalu merasa letih
  8. Tidak mampu dan tidak cepat mengambil keputusan
  9. Tidak berani berkata "tidak" kepada orang lain
  10. Bekerja semerawut tidak sistematis

Tentunya semua pekerjaan bisa selesai dengan baik dan tepat waktu, jika kita mampu mengelolanya dan mengerti serta tahu mengatur manajemen waktu, kemampuan mengatur waktu inilah yang membedakannya.

Kadang saya memperhatikan para pekerja yang tidak pandai mengatur waktunya, dia datang ke kantor jam 07.50 kemudian pinger print, setelah itu dia menyuruh Office Boy untuk membeli sarapan, sambil menunggu sarapan dia memainkan handphone, kadang tertawa sendiri, kemudian menulis sesuatu, begitu terus, setelah sarapan datang, dia makan baru selesai nanti semua sekitar jam 09.00. artinya setelah jam 09,.00 dia baru memulai bekerja, belum lagi nanti kalau sudah membuka website, dan brosing-brosing, mungkin kalau dia mau jujur diberi sebuah kertas kemudian disuruh menuliskan apa yang dia kerjakan selama satu hari, mungkin urusan pekerjaan tidak lebih dari 2 jam dari 8 jam waktu kerja yang ada.

Banyak para ahli yang mengatur dan menyusun management waktu dengan baik, tapi kalau saya secara pribadi hanya 4 hal yang saya fokuskan, selebihnya akan saya delegasikan atau berbagi dengan yang lain :

Empat hal yang perlu dikerjakan 

  1. Membuat daftar pekerjaan
  2. Membuat skala prioritas
  3. Fokus pada pekerjaan
  4. Istirahat yang cukup

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun