Mohon tunggu...
Misbah Murad
Misbah Murad Mohon Tunggu... "Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Antara Kajian dan Gowes

19 Desember 2019   08:48 Diperbarui: 19 Desember 2019   08:52 19 4 1 Mohon Tunggu...

Udara sejuk pagi ini menambah kesejukan para goweser Bogor Park Residence, hari ini adalah minggu awal kembali diaktifkanya Gowes bagi warga Bogor Park Residence setelah hampir tiga bulan terhenti karena anggotanya banyak yang berhalangan saat waktu gowes tiba, namun ada yang lain di minggu pagi ini, sebelum gowes diawali dengan sholat Subuh berjamaah dan dilanjutkan dengan Kajian pagi, adapun kajian pagi ini mengambil tema "Berjuang meraih keikhlasan."

Kajian kali ini disampaikan oleh ustadz Hartono, anggota goweser yang pernah mondok dan seorang alumni ITS pada tekhnik mesin.

Kajian mengambil tema tentang IKHLAS.

Ikhlas adalah sesuatu yang sangat berat, bahkan sebagian ulama ada yang mengatakan ikhlas inilah amalan terberat bagi umat Islam, Meng ikhlaskan NIAT dalam ibadah itu lebih BERAT dari pada ibadah itu sendiri.

Dijelaskan oleh Imam Ibnu Qudamah, ada 3 hal penyebab sulitnya ikhlas :

1. Karena Kita senang dengan pujian  

Ada sebagian ulama mengatakan, bahwa orang itu lebih suka pujian dari pada uang, dijelaskan oleh beliau misalkan ada pembagian uang, masing-masing mendapatkan 100 dolar, kemudian kita tukarkan uang itu di Money Changer, ternyata oleh petugas disitu dikatakan uang kita PALSU, maka pastilah kita marah dan kecewa, tapi kalau kita dapat pujian, biar itu PALSU, maka hati kita tetap BERGEMBIRA, penyakit yang merusak keikhlasan adalah :

a. Riya

Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan, riya adalah memperlihatkan amal ibadah di hadapan manusia agar di puji oleh mereka.

b.  Sum`ah

Memperdengarkan amal ibadah agar semua orang tahu dan dia puji kita

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x