Mohon tunggu...
Misbah Murad
Misbah Murad Mohon Tunggu... "Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Situs Makam Jerman di Megamendung Bogor

11 September 2019   16:18 Diperbarui: 11 September 2019   16:25 0 4 1 Mohon Tunggu...
Situs Makam Jerman di Megamendung Bogor
dokpri

 Sepulang dari tanah suci, istirahat beberapa hari, genap dua minggu setelah kepulangan, ingin refresing keluar rumah, iseng bertanya dengan mbah goggle tempat-tempat di Bogor yang belum di kunjungi, salah satu tempat yang di tampilkan goggle adalah Situs Makam Jerman di Megamendung.

Hitung-hitung sebagai pemanasan sebelum ke Ijen Bulan Oktober nanti ada baiknya jalan-jalan kesini dulu.

Dengan mengendarai sepeda motor, mencoba menyusuri tempat tersebut, di pertigaan Gadog, samping Masjid, terlihat rambu petunjuk arah dengan bertuliskan "Situs makam Jerman 4 KM", jalan ini pernah dan sering kami lalui, namun tidak mengetahui kalau disini ada sebuah situs Makam Jerman ini.

dokpri
dokpri
Setelah menempuh perjalanan lebih kurang 4 KM seperti yang tertera di spedo meter kendaraan roda dua yang saya kendarai, belum saya temukan situs itu, dan bertanya kepada penduduk yang berada di sekitar itu, mereka menjelaskan masih jauh, ikuti saja jalan ini, saya pun  mengikuti petunjuk bapak tadi, sekitar lima menit perjalanan saya bertemu dengan simpang tiga,  berhenti lagi dan bertanya dengan abang ojeg yang ada disitu, dijelaskan mengambil jalan sebelah kiri, dan lurus saja naik keatas, nanti ketemu pohon beringin besar disebelah kiri, disitulah Situs itu berada, dengan mengucapkan terima kasih, saya meluncur menuju Situs tersebut.

Jarak antara papan penunjuk arah 4 KM di depan sepertinya tidak benar, karena sudah 8 KM perjalanan saya tempuh belum saya temukan situs ini.

Jalannya ada yang masih bebatuan dimana aspalnya sudah banyak yang terlepas, ada juga sebagian yang sudah di cor, akhirnya saya temukan juga Situs tersebut setelah bertanya dengan dua orang ibu-ibu yang sedang berolah raga jalan kaki.

Tepatnya Situs ini berada di Desa Sukaresmi, Kecamatan Mega Mendung Bogor, Jawa Barat. Sangat tertata dengan rapi dan sangat bersih, saya memarkir kendaraan, dan memasuki Situs ini, terlihat pintunya di gembok, namun di samping kiri-kananya kita bisa masuk karena hanya di batasi oleh tanaman-tanaman kecil dan sebagian tanaman bambu.

Di depan terdapat sebuah tugu bertuliskan

"DEUTSCHER  SOLDATENFRIEDHOF"
TUGU PERINGATAN 
untuk menghormati prajurit jerman yang telah gugur
Kedutaan Besar Republik Federal Jerman di Jakarta
Mohon untuk menjaga kebersihan tempat ini

Duta Besar

dokpri
dokpri
Saya mengabadikan tugu ini sebagai evident saya pernah ke sini, di dalam terdapat 2 makam dan di belakangnya terdapat delapan makam, total makam disini ada 10, kemudian ada tugu dan dua patung masing-masing berada tidak jauh dari tugu tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN