Humaniora

Hujan Turun, Tarif Ojek "Online" Naik

3 Desember 2017   12:25 Diperbarui: 3 Desember 2017   12:47 852 1 0
Hujan Turun, Tarif Ojek "Online" Naik
sumber : https://id.pinterest.com/pin/327073991680739837/


Ojek online adalah sebuah transportasi umum yang berbasis internet dalam proses pemesanannya. Hanya dengan aplikasi ojek online di smartphone dan koneksi internet, driver dari ojek online ini akan datang dan menjemput Anda di mana saja dan kapan saja. Di Indonesia terdapat beberapa aplikasi penyedia layanan ojek online contohnya Gojek, Uber, dan Grab.

Beberapa minggu terakhir ini Surabaya kembali memasuki musim hujan.  Turunnya hujan ini ternyata membawa dampak yang cukup besar pada tarif ojek online. "Jadi waktu itu lagi hujan, aku mau pesen Uber, biasanya tarifnya sekitar enam puluh ribu, ini naik jadi seratus empat puluh ribu" tutur Nabila, salah satu pelanggan dari ojek online. Kenaikan harga yang mencapai dua kali lipat itu mungkin disebabkan oleh tingginya permintaan layanan ojek  online, baik dalam bentuk mobil maupun motor. 

Biasanya, calon penumpang memesan ojek online mobil dengan alasan tidak ingin basah karena hujan. Sedangkan, orang yang tidak ingin berlama-lama dalam kemacetan biasanya memesan ojek online motor. Tetapi pada saat yang bersamaan, banyak driver yang memilih untuk beristirahat ketika hujan karena mengemudi pada saat hujan, apalagi ketika banjir, lebih beresiko.  Dua hal tersebut adalah penyebab dari susahnya menemukan driver ketika hujan turun.

Namun tidak semua driver memilih untuk tidak menerima orderan ojek, ada juga driver yang beranggapan bahwa naiknya tarif ojek pada saat hujan merupakan kesempatan emas yang tidak boleh terlewatkan. Bahkan, beberapa driver ojek online motor menyediakan jas hujan untuk penumpang mereka. Tetapi, jas hujan untuk penumpang ini bukan merupakan fasilitas resmi dari perusahaan ojek online, melainkan inisiatif dari para driver itu sendiri. Sehingga, tidak semua driver menyediakan jas hujan untuk penumpangnya.

 Jadi, ada tiga hal yang perlu Anda ingat ketika akan melakukan pemesanan ojek online saat hujan turun. Pertama, tidak semua ojek online motor menyediakan jas hujan untuk penumpangnya. Kedua, Anda harus sabar dalam menunggu orderan diterima. Ketiga, Anda harus siap membayar dengan tarif yang lebih tinggi dari perjalanan biasanya.