Mohon tunggu...
MI Thoriqul Huda
MI Thoriqul Huda Mohon Tunggu... Guru - Pusat Riset dan Pengembangan Data

Madrasah Ibtidaiyah di Desa Ranupani, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Serah Terima IJOP MIDA Ranupani, Acara Dilaksanakan Bernuansa Adat Suku Tengger

18 September 2021   22:47 Diperbarui: 19 September 2021   05:45 240 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dokumentasi Rangkaian Kegiatan Penyerahan Sertifikat Ijin Operasional Madrasah oleh Kepala Kankemenag kabupaten Lumajang menghadirkan konsep unik serta melibatkan partisipasi menyeluruh dari keluarga besar MIDA Ranupani.  Memukau para hadirin penampilan walimurid dan siswa-siswi dalam paduan suara hong ulun basuki langgeng reang ison anak putune wong tengger, ngaturen bekti ing dino becik iki mandar mugo reang ison langgeng basuki.

Profil Desa Ranupani seperti sejatinya yang indah dan menawan, pagi itu matahari wajahnya muncul perlahan mencairkan embun dingin di rerumputan. Penulis sholat subuh di Masjid Al Barokah Ranupani, dingin airnya membuat semangat untuk menjalankan aktivitas. Hari ini tentu menjadi sejarah penting bagi MI Thoriqul Huda Ranupani (MIDA Ranupani) sebab akan ada tamu rombongan istimewa dari Kabupaten Lumajang. 

Hadir dalam kegiatan ini H.Muhammad Muslim S.Ag.MSy selaku kepala Kankemenang beserta Abah Hasanuddin Kasi Pendma, hadir pula Kepala Baznas kabupaten Lumajang, hadir pula Ibu Ketua Yayasan Perwanida Kabupaten Lumajang, serta Ketua PGMI Kabupaten Lumajang beserta rombongan KKMI. Ketua dan Pengurus Jabal Rahmah Ranupani, Kepala Desa Ranupani, Ketua RT , RW, Pak Kasun desa Ranupani, Tokoh pemuda, Pengurus Paguyuban Walimurid, semua Walimurid, Tokoh Masyarakat, Beliau semuanya disambut hangat oleh Siswa-siswi dari depan jalan menuju madrasah. 

dokpri
dokpri

Siswa-siswi MIDA Ranupani dengan tertib satu persatu bersalaman kepada para tamu. Madrasah yang didirikan  dan tumbuh dikawasan masyarakat suku tengger di Desa Ranupani ini terasa mudah menemukan kawan dan guru. Praktis suku tengger yang dikenal ramah, bersahaja, dan santun menjadi watak asli dari dalam diri mereka.

dokpri
dokpri

Ucapan selamat dan sukses sebagai apresiasi dari berbagai lembaga juga turut meramaikan jalannya kegiatan ini. Begitu banyak harapan yang disandarkan untuk kemajuan pendidikan di desa Ranupani. Menyambut penyerahan sertifikat IJOP untuk MIDA Ranupani menjadi momentum sakral yang dipersiapkan sebagai semangat untuk langkah ke depan yang lebih baik.

dokpri
dokpri

Kegiatan dimulai pukul 09:00 WIB. Tema yang dipilih yaitu Penyerahan Ijin Operasional MIDA Ranupani bersama suku tengger mencetak anak indonesia yang santun, smart, dan kompetitif. 

Acara diawali dengan pembukaan, salam, menyanyikan lagu indonesia raya, selayang pandang program MIDA Ranupani, arti madrasah dan peran madrasah di ranupani, sambutan ketua yayasan jabal rahmah, sambutan kepala desa ranupani, penampilan pertama siswi MIDA Ranupani membawakan tarian barokallah, sambutan kepala kankemenag, dan puncak acaranya yaitu penyerahan IJOP MIDA Ranupani, dan dilanjut dengan penampilan kedua siswa-siswi MIDA Ranupani membawakan paduan suara Sabda Alam. Lalu penampilan paduan suara walimurid, acara terakhir yaitu doa dan penutup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan