Mohon tunggu...
Mira Miew
Mira Miew Mohon Tunggu... Menulis adalah dunia saya

Mencintai dunia literasi, Penikmat Alam, Traveller dan kadang merangkap sebagai Guide

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Saatnya Berpisah dengan Rumah Si Doel

1 Mei 2021   15:01 Diperbarui: 2 Mei 2021   03:00 6469 17 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Saatnya Berpisah dengan Rumah Si Doel
Foto : dokumentasi pribadi

Jika ditanya, apa salah satu serial atau sinetron Indonesia yang legendaris dan tak lekang oleh waktu, masyarakat kita akan menyebutkan salah satu judul serial yaitu Si Doel Anak Sekolahan.

Lalu selain para pemain dan budaya Betawinya yang kental ada satu lagi yang selalu diingat oleh penonton serial si Doel yaitu Rumah Si Doel beserta cerita kehidupan sehari-hari di rumah tersebut.

Aktor sekaligus sutradara senior Indonesia yaitu H. Rano Karno di pertengahan bulan April 2021 memposting video di Channel Youtube miliknya dengan judul "Hari-Hari Akhir Rumah Si Doel".

Video ini bercerita tentang pembongkaran rumah Si Doel di bongkar. Sampai tulisan ini di buat, penonton konten tersebut sudah mencapai 1 juta penonton.

Rumah tersebut sebetulnya adalah replika dari rumah Si Doel yang lama. Rumah Si Doel yang lama kini lahannya sudah menjadi bagian dari rumah kediaman H. Rano Karno.

Namun karena rumah itu sudah tidak ada, untuk kebutuhan syuting Si Doel The Movie maka dibuat replika rumah Si Doel. Pembangungan Rumah Si Doel dibuat oleh H. Kasiman atau yang lebih dikenal dengan "Ahong" dalam Serial Si Doel dan pelaksanaanaan pembangunannya memerlukan waktu selama sebulan.

Lokasi rumah itu berada di daerah Lebak Bulus tepatnya di area Galeri Semesta. Kebetulan area galeri ini sangat luas dan masih satu daerah dengan kediaman H. Rano Karno sehingga memudahkan untuk melakukan proses syuting disana. H. Rano meminjam lahan tersebut pada tahun 2017 dan batas waktu peminjamannya berakhir di tahun ini.

Rumah si Doel terbuat dari besi dan triplek. Bahan tersebut dipilih karena tidak akan rusak ketika dibongkar dan nantinya bisa dipergunakan kembali jika membangun ulang rumah Si Doel. Replika Rumah Si Doel dibuat persis seperti rumah si Doel yang bisa kita lihat di serialnya. Entah itu sudut dalam rumahnya, terasnya, dapur maupun sumur serta kamar mandi luar di belakang rumah si Doel.

Dalam Video "Hari-Hari Akhir si Doel", H. Rano mengajak penonton untuk berkeliling ke area lingkungan rumah Si Doel baik itu di dalam rumah maupun di luar rumahnya. Ada Warung Mak Nyak, Kontrakan Mas Karyo dan diceritakan secara detail lengkap dengan segala kenangan yang terjadi di setiap area rumah tersebut.

Rumah Replika Si Doel meninggalkan kesan mendalam untuk saya pribadi. Bukan hanya H. Rano Karno dan para pemain lainnya, saya pun memiliki kenangan mendalam di rumah ini.

Dari dulu saya tidak pernah bermimpi untuk berkunjung ke lokasi syuting baik itu film maupun sinetron. Faktor jarak antara kota saya Purwakarta ke Jakarta dan belum punya penghasilan tetap menjadi alasannya mengapa saya tidak terlalu ingin mengunjungi lokasi syuting meski saya menyukai film atau sinetron tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x