Hiburan

Mutiara Tersembunyi dalam Film "Freedom Writers"

12 Maret 2018   05:09 Diperbarui: 12 Maret 2018   06:00 636 11 7

"Kamu tidak akan bisa membuat seseorang menginginkan pendidikan. Yang terbaik yang bisa kamu lakukan adalah membuat mereka patuh, untuk belajar disiplin. Itu akan jadi prestasi yang besar dari mereka"

Kutipan dari film Freedom Writers yang dirilis pada tahun 2007 dan disutradarai oleh Richard LaGravense. Film ini merupakan kisah nyata yang terjadi di daerah New Port Beach, Amerika Serikat. Mengisahkan tentang perjuangan guru yang mengajar di kelas imigran dengan perbedaan budaya murid muridnya yang kental sehingga mengakibatkan beberapa permasalahan, salah satunya adalah gangster.

Kutipan itu merupakan dialog yang dikatakan Kepala Departemen kepada Ms. Erin Gruwell saat ia menanyakan tentang peminjaman buku perpustakaan sebagai bahan ajar. Kepala Departemen yang sudah putus asa dengan keadaan dimana reputasi sekolah turun akibat adanya kelas imigran itu tidak memperbolehkan guru baru (Ms. Erin Gruwell) meminjam  buku untuk kelasnya karena terakhir kali kelas itu meminjam buku, semuanya rusak bahkan ada yang sengaja dibakar.

Namun hal itu tidak menyurutkan semangat Ms. Gruwell yang inspratif ini. Ia terus mencari cara dan melakukan banyak perombakan sistem pembelajaran di kelas, bukan hanya menuntut murid muridnya mendapatkan nilai tinggi dan berprestasi. Ia mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan murid muridnya.

Ms. Gruwell menggambarkan bagaimana seorang guru tidak hanya bekerja sebagai pengajar, namun juga sebagai teman dan orang tua, ia bisa memunculkan rasa nyaman dan percaya pada murid murid yang awalnya sangat membenci dirinya. Dengan tumbuhnya rasa nyaman dan percaya itulah, prestasi murid murid Ms. Gruwell meningkat. Mereka bersikap lebih terbuka, tidak hanya mengenai permasalahan di kelas namun juga untuk masalah kehidupan pribadi mereka. Hal ini merupakan langah awal kesuksesan mereka.

Seperti itulah seharusnya pendidikan, guru tidak hanya mengajar namun juga melakukan pendekatan emosional pada murid. Guru terus berusaha memberikan pengaruh positif berupa dukungan moril dan materil. Guru juga harus membebaskan setiap murid untuk berapresiasi dan beraspirasi, memberikan kesempatan pada murid untuk berpendapat.

Guru tidak hanya menggunakan sistem satu arah (guu mengajar dan muridnya mendengarkan) dalam proses belajar mengajar, tetapi juga menggunakan cara lain untuk menarik perhatian murid muridnya seperti membuat games atau mendatangkan orang-orang hebat serta tour keliling tempat bersejarah.

Guru harus dapat menyatukan murid muridnya yang berasal dari berbagai latar belakang budaya yang berbeda dan terkadang saling memusuhi datu sama lainnya. ia harus mampu menciptakan rasa kekeluargaan dalam kelas sehingga murid dapat menganggapnya sebagai rumah kedua, bukan sebagai kurungan yang mengharuskan mereka menaati peraturan dan mendapatkan nilai tinggi.

Menurut saya, Ms. Erin Gruwell adalah mutiara tersembunyi dalam film Freedom Writers ini.