Mohon tunggu...
Mikail Hafiz
Mikail Hafiz Mohon Tunggu... Mahasiswa - Junior Content Writer | Mahasiswa D3 - Bisnis Digital & E-Commerce | Universitas Brawijaya

Seorang Mahasiswa Bisnis Digital yang sedang memiliki keinginan dan cita - cita untuk aktif menulis artikel.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hari Terakhir Pendaftaran Magang, Berikut 6 Perusahaan Go Internasional di Kampus Merdeka

28 Januari 2022   13:12 Diperbarui: 28 Januari 2022   13:13 856 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Logo Kampus Merdeka (Sumber: Kemendikbudristek)

Jakarta, 28 November 2021 - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah memasuki tahun ke-2 dalam pelaksanaan Kampus Merdeka yang dicetus setelah Nadiem Makarim menjabat. Dalam pelaksanaannya, proyek ini meliputi beberapa program bagi mahasiswa yaitu Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa, Studi Independen, hingga Magang Merdeka.

Berbicara mengenai magang merdeka, program ini kembali membuka batch baru untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin bekerja secara langsung dengan perusahaan-perusahaan yang bekerjasama dengan Kemendikbudristek. Meski sempat menimbulkan polemik mengenai biaya uang saku peserta pada batch sebelumnya, pihak Kampus Merdeka mengaku optimis akan melakukan evaluasi dan memberikan yang terbaik pada batch baru yang akan ditutup pada 28 Januari 2022 ini.

Bagi mahasiswa yang ingin merasakan langsung bekerja dengan perusahaan-perusahaan dengan cakupan hingga luar negeri, berikut daftar perusahaan lokal yang sudah go internasional di program Magang Kampus Merdeka.

Daftar Perusahaan yang Sudah Go Internasional

1. Traveloka (Thailand, Singapura, dan Malaysia)

Banyak yang belum mengetahui jika Traveloka, perusahaan yang sudah cukup dikenal sebagai penyedia jasa pariwisata dan transportasi ini ternyata sudah go international. Berdasarkan informasi yang didapat secara langsung melalui publikasi artikel Traveloka, perusahaan ini memulai sejarah ekspansinya pada tahun 2016 dengan negara tujuan pertamanya yaitu Thailand.

Bagi Anda yang memiliki cita-cita bekerja secara langsung di perusahaan sekelas unicorn, Traveloka membuka kesempatan internship dengan total 29 posisi. Diantaranya Back End Engineer, Data Scientist, Traveloka Academy, hingga Web Engineer.

2. HashMicro (Singapura)

Jika Anda merupakan salah satu orang yang memiliki jiwa tech-savvy yang kuat, HashMicro dapat menjadi pilihan Anda berkarir. Perusahaan yang bergerak di bidang software ERP (Enterprise Resource Planning) ini, menjalankan operasional perusahaannya di 2 negara sekaligus. Yakni Indonesia dan Singapura. Selain itu, HashMicro juga dikabarkan sedang mengembangkan software manajemen pertama di dunia yang terintegrasi dengan teknologi Artificial Intelligence.

Jika Anda tertarik mengikuti perkembangan software tersebut, HashMicro membuka kesempatan Internship sebanyak 14 posisi dengan berbagai macam bidang keterampilan. Diantaranya Graphic Designer, Start-up, Digital Marketing, hingga Business Development. Perusahaan ini juga direncanakan akan terus berekspansi ke banyak negara pada tahun ini.

3. Gojek

Siapa yang tidak tahu mengenai keberadaan salah satu perusahaan besar yang berhasil menjadi penyandang perusahaan unicorn pertama di Indonesia. Gojek merupakan perusahaan teknologi jasa dan transportasi yang didirikan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010. Kisah suksesnya semakin diakui ketika akhir tahun 2018 Gojek memberikan kontribusi sebesar 44,2 triliun bagi perekonomian Indonesia. Hingga saat ini, Gojek telah menjadi platform multi-service yang menyediakan 20 jenis layanan.

Berdasarkan kisah tersebut, Gojek yang juga sukses didirikan oleh putra bangsa terbaik saat ini, memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin terjun langsung di balik layar bersama Gojek. Kampus Merdeka bersama Gojek membuka 2 jenis lowongan internship sebagai Corporate Intern serta Full Stack Engineer selama 5 bulan.

4. Ruang Guru (Vietnam, Thailand, dan Singapura)

Perusahaan yang saat ini telah menaungi kurang lebih 4000 karyawan ini, bergerak pada bidang teknologi pendidikan terbesar di Indonesia saat ini. Mendapatkan berbagai macam suntikan dana investasi membuat Ruang Guru yakin untuk melakukan ekspansi ke negara-negara di Asia Tenggara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan