Mohon tunggu...
mijel
mijel Mohon Tunggu... Masih dapat berubah

Produksi Multimedia 2020

Selanjutnya

Tutup

Media

SEO (Search Engine Optimization)

28 September 2020   05:36 Diperbarui: 28 September 2020   15:36 29 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
SEO (Search Engine Optimization)
istockphoto

Berkembangnya teknologi dan internet membuat persaingan pasar semakin menarik. Masing-masing pihak harus punya strategi yang unggul dan berbeda sehingga dapat memenangkan audience.

Setiap pihak harus paham betul kelemahan dan kekurangan sehingga dapat mengembangkan kemampuan untuk memenangkan persaingan.

Menyusun strategi dalam media online bukanlah hal yang mudah namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Ada beberapa cara ampuh untuk membuat konten atau tulisan atau produk anda menang dalam media online salah satunya SEO (Search Engine Optimizing).

Search Engine Optimizing merupakan pengoptimalan hasil penelusuran. SEO memiliki tujuan untuk membuat web/produk/konten anda menjadi nomor satu dalam urutan pencarian dengan tetap memikirkan dampak positif bagi pelanggan.

istockphoto
istockphoto
Cara mengoptimalkan web/produk/konten dengan memperhatikan beberapa hal :


1.Masukan web/produk/konten anda ke dalam kategori yang benar dan sesuai. Kategori ini ada banyak di antaranya kesehatan, olahraga, media, hiburan, bisnis, dll. Hal ini akan mempengaruhi judul.


2.Pilih kata kunci pencarian. Kata kunci akan pelanggan gunakan ketika ingin mencari sesuatu di laman pencarian. Disarankan untuk memilih kata yang sering digunakan atau populer. Jika sudah menetapkan kata kunci yang tepat maka kemungkinan web/produk/konten berada di urutan paling atas akan semakin besar.


3.Ada 3 jenis kata kunci yaitu untuk komersial, informatif, dan navigasi. Sebaiknya pilih jenis kata yang sesuai dengan alasan anda memasang atau membuat web/produk/konten.

istockphoto
istockphoto

4.Buat kata kunci yang ringkas. Kata kunci jangan terlalu panjang. Kata kunci yang ringkas dan menarik serta mudah dipahami. Biasanya ada satu kata kunci dan 2-3 kata kunci ekor atau tambahannya.


5.Jangan lupa untuk melihat jumlah kata kunci yang sering dipakai atau sering dicari. Dengan mencoba mencari sebuah kata di laman pencarian (memposisikan anda sebagai pelanggan) lalu mengamatinya atau melihat data intensitas penggunaan kata akan menambah wawasan kita untuk membuat kata kunci yang tepat dan sesuai.


6.Ternyata analisis SWOT akan membantu dalam rencana dalam menyusun strategi. Strengths (kelebihan) dari web/produk/konten, weakness(kelemahan) dari web/produk/konten, oppourtunities (peluang), dan threats (ancaman). Menurut Pearce dan Robinson, pengertian analisis SWOT adalah bagian dari proses manajemen strategik perusahaan yang bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan utama perusahaan. Kelemahan dan kekuatan utama tersebut dibandingkan dengan peluang dan ancaman ekstern sebagai landasan untuk menghasilkan berbagai alternatif strategi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x