Mohon tunggu...
Miftahul FikriA
Miftahul FikriA Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

saya seorang mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional semester 7 dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, saya menyukai olahraga apapun, karena saya mampu menjalani dan melaksanakan

Selanjutnya

Tutup

Financial

KOKARGA "Koperasi Konsumen Karyawan Garuda Indonesia Group" Menuju Koperasi Digital

6 Oktober 2023   09:44 Diperbarui: 6 Oktober 2023   10:03 354
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Abstract

Globalization provides challenges and hopes for digitalization in various aspects, especially the economy in cooperatives. This research aims to find out whether the application of digitalization can be carried out in accordance with the concepts and principles of digitalization. This research uses descriptive methods to explain directly. The participant in this research is KOKARGA which operates in the savings and loan sector with various types of savings and loan products and has implemented a digitalization process in its implementation process. The data in this research are primary and secondary data obtained through interviews and cooperative literature studies. It is hoped that the results of this research can provide input and an illustration of how to implement digitalization appropriately as a step to strengthen cooperatives in the digital era.

 

Keywords: Globalization, Digitalization, Cooperatives, Challenges and Hope 

Abstrak

Globalisasi memberikan tantangan dan harapan digitalisasi dalam berbagai aspek terutama ekonomi di dalam koperasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah penerapan digitalisasi sudah dapat dilakukan sesuai dengan konsep dan prinsip digitalisasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menjelaskan secara langsung. Partisipan di dalam penelitian ini adalah KOKARGA yang bergerak di bidang simpan pinjam dengan berbagai jenis produk simpan pinjam dan sudah menerapkan proses digitalisasi dalam proses pelaksanaannya. Data didalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang didapat melalui wawancara dan studi pustaka koperasi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan gambaran bagaimana pelaksanaan digitalisasi yang sesuai sebagai langkah pengukuhan koperasi di era digital.

Kata Kunci: Globalisasi, Digitalisasi, Koperasi, Tantangan dan Harapan

Pendahuluan

               Koperasi adalah sebuah badan usaha yang di jalankan oleh sekumpulan orang atau badan hukum koperasi untuk kepentingan bersama, koperasi juga merupakan salah satu penggerak roda perekonomian di Indonesia yang berlandaskan asas kekeluargaan yang tercantum pada pancasila (Sila ke-5) dan Undang-Undang Dasar 1945 (Pasal 33 ayat (1) UUD 1945). Awal mula berdirinya Koperasi Karyawan Garuda Indonesia Group (KOKARGA) pada tanggal 1 September 1972 dengan nama Koperasi Serba Usaha Buruh dan Pensiun Garuda Jakarta Raya (KOSBUPENDA-JAYA) dan baru mulai beroperasi pada tanggal 1 Oktober 1972 setelah disahkan susunan pengurus yang mengelola koperasi yang nantinya akan diarahkan pada usaha konsumsi produksi dan simpan pinjam.

Kemudian pada tanggal 14 April 1973 KOSUPENDA-JAYA resmi disahkan menjadi sebuah badan hukum oleh Direktorat Koperasi DKI Jakarta. Seiring berjalannya waktu pada tanggal 27 Juli 1988 KOSBUPENDA-JAYA diubah namanya menjadi Koperasi Karyawan Garuda Indonesia atau yang saat ini lebih dikenal dengan nama KOKARGA. Koperasi ini mulai beroperasi pada bulan September 1989 dan telah aktif melayani perusahaan dan karyawan Garuda Indonesia sampai dengan saat ini. KOKARGA telah menjadi salah satu dari 100 besar koperasi Indonesia yang mampu bersaing dengan koperasi-koperasi lain di Indonesia. KOKARGA juga saat ini dalam kepercayaan anggota dan masyarakat yang tinggi untuk menyimpan dan menabung uangnya di KOKARGA yang menjadi modal dan aset berharga bagi usaha KOKARGA.

Pembahasan

Koperasi di Indonesia mengalami proses perkembangan yang cukup panjang dari masa penjajahan sampai saat ini. Meskipun perkembangan koperasi mengalami pasang-surut, namun eksistensi koperasi bertahan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Peran pemerintah yang membangun dalam merevisi kebijakan ataupun peraturan tentang koperasi dalam menyesuaikan kebutuhan masyarakat untuk kemajuan perekonomian. Khususnya Koperasi Konsumen Karyawan Garuda Indonesia Group (KOKARGA) telah mengalami banyak perubahan sejak berdirinya koperasi tersebut.

Koperasi Konsumen Karyawan Garuda Indonesia Group (KOKARGA) dengan adanya era digitalisasi di saat ini, KOKARGA mengemukakan sebuah filosofi yang disebut dengan " FIRST " . Filosofi ini memiliki arti sebagai berikut :

  • F atau Fast adalah dengan maksud membangun perilaku strategis melalui tindakan responsif untuk memperkuat ketahanan              perusahaan.
  • I atau Integiry adalah dimana sangat menjunjung tinggi etika bisnis, akuntabilitas, dan tanggung jawab sosial yang kuat untuk       menciptakan budaya yang dapat dipercaya.
  • R atau Reliable adalah siap menyediakan produk dan layanan yang dapat diandalkan untuk menjadi pilihan pertama.
  • S atau Simplycity adalah berkomitmen penuh untuk memberikan layanan yang berorientasi pada kemudahan akses dan proses
  • T atau totality adalah berkomitmen untuk mendedikasikan seluruh kemampuan dan potensi untuk menjadi yang terbaik

Peran Digitalisasi KOKARGA (Koperasi Konsumen Karyawan Garuda Indonesia Group)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun