Mohon tunggu...
Miftah Muhammad Basit
Miftah Muhammad Basit Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKNT UPI Gelombang 1 2021

Bismillah KKN LANCAR SEJAHTERA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Belajar di Luar Sekolah

29 Juli 2021   13:52 Diperbarui: 29 Juli 2021   14:24 64 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Belajar di Luar Sekolah
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Miftah Muhammad Basit
KKNT UPI Juli 2021
1800071

Pembelajaran Daring di masa pandemi covid 19 dan Solusi Belajar di Luar Sekolah

Pandemi covid-19 di Indonesia berdampak pada bidang ekonomi, sosial, wirausaha, pekerjaan serta pada bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil kebijakan untuk pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dari rumah Sekolah yang harus melaksanakan Belajar Dari Rumah (BDR) antara lain Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta sekolah inklusi dan Sekolah Luar Biasa (SLB) pada tingkat Dasar, Mengengah dan Atas. Pelaksanaan pembelajaran yang biasanya dilaksanakan tatap muka berubah menjadi Belajar Dari Rumah (BDR). Metode pelaksanaan BDR dibagi menjadi 2 yaitu pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan menggunakan handphone, laptop, aplikasi pembelajaran dan pembelajaran luar jaringan (luring) menggunakan media radio, televisi, modul, lembar kerja siswa (Jauhari et al., 2020).

Perencanaan pembelajaran sangat penting, seperti halnya perencanaan pembelajaran pada pembelajaran pendidikan jasmani adaptif. Perencanaan yang baik akan menghasilkan pembelajaran yang baik karena telah disesuaikan dengan rencana yang telah dibuat. Pada perencanan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif ini sendiri telah didiskusikan bersama dengan guru kelas, sehingga tujuan yang akan di capai dapat terlaksana dengan baik. Perlunya pengembangan dan modifikasi pada perencanaan pembelajaran sangatlah penting, terutama pada kurikulum yang diadposi dari pembelajaran olahraga yang bersifat umum.

Walaupun belajar online, tetapi materi yang disampaikan tetap sama bobotnya dengan kelas tatap muka

Sarana Belajar Online yang bisa di ambil dalam kegiatan selama pandemi covid 19

Rumah Belajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merilis sebuah situs belajar daring yang dapat diakses secara gratis. Laman ini dapat digunakan oleh peserta didik maupun pendidik di berbagai jenjang, mulai dari PAUD hingga SMA/SMK. Terdapat beragam fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan seperti buku sekolah elektronik, bank soal, kelas maya, laboratorium maya, hingga pengembangan keprofesian.

DuoLingo

Bagi Anda yang ingin mempelajari berbagai bahasa asing di seluruh dunia, DuoLingo adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Situs ini menyediakan beragam video atau streaming sehingga Anda dapat belajar secara langsung bersama penutur asli. Anda bisa memperhatikan logat yang digunakan serta cara pengucapan kata dalam bahasa asing tersebut.

Agar lebih menantang, DuoLingo juga menyediakan latihan menerjemahkan, membaca, serta mendengar materi yang telah dipelajari. Ada pula latihan soal berupa pilihan ganda yang disertai penilaian sehingga Anda bisa mengetahui jawaban benar atau salah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN