Mohon tunggu...
dimas aji
dimas aji Mohon Tunggu... MAHASISWA TUA MENGERJAKAN TUGAS UAS

permisi

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Kreatif dan Inovatif Harus Ditegakkan

20 Juni 2020   14:09 Diperbarui: 20 Juni 2020   13:59 9 1 0 Mohon Tunggu...

Oleh Mochammad Dimas Aji Permana / 171510601127

Siapapun setuju mengenai bangsa kita yang kaya dengan sumber daya alam, sumber daya manusia, suku, bangsa, sosial budaya, dan adat istiadat, namun permasalahannya ada di mengapa sumberdaya bisa menipis? Sedangkan pemerintah masih memakai kran impor? Dan sumberdaya yang mulai tereksploitasi secara tak terkendali. Sadisnya pihak-phak yang tak bertanggung jawab mencemari, mencuri, dibeli, dan dikuasai pihak luar.

                Menurut Marina, I dan Yulistia, I. (2015) Selain harus berpikir kreatif kita juuga harus berpikir inovatif agar produk hasil tidak tergerus jaman sehingga dapat berkelanjutan.  Dengan gambaran seperti ini maka kreatifitas dan inovasilah yang dapat masyarakat lakukan untuk membantu pemerintah dalam menjaga diversifikasi sumber daya alam di Indonesia.

Penerapan ilmu agribisnis sangat bermanfaat bagi para pelaku agroindustry pertanian. Subsistem agribisnis yang saling terhubung untuk membentuk aliran produk dapat dimanfaatkan agar peluang usaha semain membesar sehingga dapat memaksimalkan pendapatan.

                Sumberdaya yang ada di Indonesia sangatlah kaya dan majemuk sehingga perlu tangan kreatif dan pikiran inovatif agar sumberdaya yang ada dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Jika pemanfaatan sumberdaya dapat maksimal, maka Negara Indonesia akan dapat menjadi Negara maju. Ekspor yang meningkat dan impor yang menurun menjadi target utama dari kreatifitas buah tangan anak bangsa sendiri.

REFRENSI

  • Marina, I, dan Yulistia, I. 2015. Strategi Pengembangan Agribisnis Hasil Pertanian Melalui Inovasi Dan Kreatifitas Menjadi Produk Unggulan Di Smk Negeri 1 Pacet Kabupaten Cianjur. Mimbar Agribisnis. 1(1) : 45-54

Dosen Pengampu:

Dr. Luh Putu Suciati, S.P., M.Si.  

Ratih Apri Utami, S.P., M.Si

INTRAGRAM : @ratih_apri_utami

TWITTER : @suciati_luhputu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN