Mohon tunggu...
Lyfe

Cara Mudah Ketahui Teknik Penulisan Konten Digital Berbasis SEO

27 Februari 2018   11:30 Diperbarui: 28 Februari 2018   08:57 666
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teknik penulisan Search Engine Optimization (SEO) perlu dpelajari agar konten tulisan penulis bisa mendatangkan lebih banyak pembaca darimana pun dan kapan pun.

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas mengenai Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO. Pada penasaran apakah itu SEO? Berikut penjelasan singkat terkait SEO.

Mungkin bagi beberapa orang yang bukan berasal dari kalangan perkuliahan dan pekerjaan masih sangat asing akan SEO ini sendiri. SEO adalah sebuah teknik untuk membuat website, artikel, atau blog yang dimiliki oleh seseorang atau perusahaan menjadi nomor satu atau berada di halaman pertama dalam sebuah mesin pencarian seperti Google, Bing,dan Yahoo.

Apabila seorang penulis konten digital telah menerapkan teknik yang terdapat di dalam search engine optimization , tentunya hal ini bisa mendatangkan keuntungan. Mulai dari banyaknya pengunjung yang mengunjungi situs Web yang kita miliki dan bisa meningkatkan penjualan bagi Website yang melakukan transaksi jual beli secara online seperti perusahaan start-up, yaitu Lazada, Tokopedia, dan lain-lain. Selain itu, meningkatnya daya saing pun tidak terelakkan. Semakin tinggi pengunjung, semakin meningkat pula daya saing sebuah Website.

Oleh karena itu, pada tulisan kali ini, penulis akan membahas mengenai "bagaimana sih menulis konten digital sesuai dengan prinsip SEO?". Berikut uraian teknik penulisan konten digital berdasarkan SEO :

Basic URL Best Practices Are Still King

Pada teknik pertama ini, penulis konten yang akan menerapkan SEO dalam tulisan ataupun Website-nya harus memastikan bahwa websitenya bisa dirayapi atau dijangkau secara mudah oleh siapapun. Caranya yaitu dengan menggunakan kata kunci di URL saat pemberian nama halaman. Kata kunci adalah hal mendasar yang harus dipikirkan agar pengunjung atau pencari informasi di mesin pencari bisa menemukan Website Anda secara mudah.

High Quality, Validated HTML, and CSS Coding

Kualitas tinggi, kode HTML dan CSS coding yang divalidasi harus selalu menjadi hasil akhir dari pengembangan situs Anda. Jika situs pesaing Anda dalam analisis pesaing tidak memiliki validasi atau pengkodean berkualitas tinggi dalam kerangka kerja mereka, maka Anda memiliki atribut yang dapat Anda gunakan untuk melawannya. Pastikan pengkodean dan kecepatan halaman Anda jauh lebih baik daripada semuanya di semua bidang: kode yang dioptimalkan bisa mempermudah pencarian dan mempersingkat waktu pencarian.

Locally-Optimized Title Tags, Meta Descriptions, And Urls

tangkapan layar google
tangkapan layar google
Pada bagian ini dijelaskan, bahwa penting setiap situs yang dioptimalkan secara lokal harus memuat title tags, meta descriptiomdan URL yang terfokus secara lokal. Apa arti fokus lokal? Ini berarti, jika Anda mencoba untuk mengoptimalkan frasa kata kunci seperti "3 Mobil terlibat kecelakaan di Tol Jagorawi", Anda harus menggunakan nama kota ini dalam kata kunci target Anda. Contohnya pada gambar di atas, bisa dilihat judulnya merangkum kata kunci bahwa terjadi kecelakaan dan deskripsi singkat (kecelakaan beruntun yang...) pada bagian bawah mengenai berita yang akan dibahas, kemudian dilengkapi dengan nama tempat (Bogor) dimana kejadian tersebut terjadi. Tidak lupa diikuti dengan URL dari berita tersebut agar bisa ditemukan secara cepat, tepat dan mudah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun