Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Berpengalaman di dunia perbankan sejak tahun 1990. Mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan. Siap membantu dan mendampingi penyusunan Rancang Bangun Master Program Transformasi Corporate Culture dan mendampingi pelaksanaan internalisasi shared values dan implementasi culture.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Tanaman Daun Afrika di Halaman Rumah untuk Obat Keluarga dan Kerabat

15 Mei 2022   08:39 Diperbarui: 15 Mei 2022   08:42 808
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: Daun Afrika senantiasa terhidang sebagai lalapan di meja makan untuk kesehatan keluarga (Photo by Merza Gamal)

Saat saya masih kuliah di era 80'an, Ibu saya mengikuti suatu konfrensi dan traveling ke Benua Afrika. Pulang dari sana, Ibu saya membawa beberapa stick berukuran lebih kurang 10-15 cm. 

Ternyata stick tersebut adalah cikal bakal tanaman Daun Afrika (Vernonia Amygdalina) yang tumbuh di halaman rumah Ibu saya di Kawasan Pecinan Pekanbaru. 

Cara tumbuh Daun Afrika yang sangat gampang, yakni hanya dengan stek batangnya, membuat tanaman itu tidak hanya ada di halaman rumah Ibu saya, tetapi juga di rumah abang dan kakak saya di berbagai kota.

Daun Afrika sangat bermanfaat bagi keluarga saya, dan kemudian oleh kerabat sanak saudara saya. Daun Afrika ini telah banyak membantu keluarga dan kerabat sanak saudara saya sebagi suplemen Kesehatan.

Daun Afrika yang bisa dimakan sebagai lalapan sangat membantu menurunkan kadar asam urat. Banyak keluarga dan kerabat sanak saudara yang terbantu dengan mengkonsumsi Daun Afrika yang tumbuh di halaman rumah Ibu saya. 

Karena khasiatnya, kemudian banyak yang meminta dahan dan rantingnya untuk sebagai media stek untuk ditanam di halaman para kerabat dan sanak saudara kami.

Saya pun menanam Daun Afrika tersebut di halaman rumah saya di Bintaro, kota mandiri di Selatan Jakarta. Dan manfaatnya pun sudah kami rasakan. Selain kerabat dan sanak saudara yang terbantu menurunkan kadar asam urat mereka, ada pula yang cocok sebagai penurun kolestrol.

Image: Tanaman Daun Afrika yang subur di halaman rumah Kakek Merza 
Image: Tanaman Daun Afrika yang subur di halaman rumah Kakek Merza 

Bagi saya sendiri, Daun Afrika ini juga turut membantu penyembuhan istri saya yang terkena kanker payudara dan kelenjar getah bening pada tahun 2014 silam. 

Untuk kanker payudara, istri saya menjalani operasi pengangkatan pada September 2014, dan  untuk kanker kelenjar getah bening mengalami kemoterapi sebanyak 8 kali dalam jangka waktu 6 bulan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun