Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan sejak tahun 1990. Mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan. Siap membantu dan mendampingi penyusunan Rancang Bangun Master Program Transformasi Corporate Culture dan mendampingi pelaksanaan internalisasi shared values dan implementasi culture.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Implikasi Covid-19 bagi Bisnis

14 Desember 2021   06:49 Diperbarui: 14 Desember 2021   06:51 239 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Image: Penggerak produktivitas yang paling mempengaruhi profitabilitas (File by Merza Gamal) 

Pandemi Covid-19---dan perubahan terbarunya, varian Omicron---memaksa banyak orang untuk menjadi lebih baik dalam menerima dan bertindak atas kebutuhan akan perubahan. Virus bukan satu-satunya alasan untuk bertransformasi. 

Penelitian McKinsey awal Desember 2021 melihat tiga cara di mana para pemimpin bisnis mengubah organisasi mereka, serta perubahan yang membentuk kembali hipotek, infrastruktur, perawatan kesehatan, dan tempat kerja.

Penelitian tersebut memunculkan perspektif terbaru tentang wabah virus corona, ancaman kembar terhadap kehidupan dan mata pencaharian, dan bagaimana organisasi dapat mempersiapkan diri untuk normal berikutnya (NextNormal).

Para CEO saat ini menghadapi hambatan operasional yang berat, termasuk kesulitan dalam mencari pekerja dan kenaikan harga barang. Harga komoditas dasar termasuk baja, semikonduktor, dan gas alam telah meningkat, demikian pula biaya pengiriman peti kemas. Kebutuhan akan dekarbonisasi menambah tantangan jangka panjang pada gambaran keseluruhan.

Untuk mengatasi kesulitan operasional, para pemimpin dapat mengatur struktur rantai pasokan yang tangguh dan toleran terhadap risiko, melipatgandakan digitalisasi, dan mencapai visibilitas waktu nyata dan respons sistematis terhadap perkembangan eksternal.

Membangun bisnis adalah salah satu prioritas strategis teratas bagi organisasi---dua kali lipat pangsanya dalam beberapa tahun terakhir. Menurut Survei Global McKinsey terbaru tentang pembangunan bisnis baru, hal tersebut terjadi karena para pemimpin bisnis mengharapkan setengah dari pendapatan perusahaan mereka lima tahun dari sekarang berasal dari produk, layanan, atau bisnis yang belum ada.

Survei akhir tahun 2021 memberikan wawasan untuk menggerakkan organisasi ke atas kurva pembelajaran lebih cepat. McKinsey mewawancarai lebih dari 350 eksekutif senior tentang rencana mereka untuk mengubah aktivitas penjualan, umum, dan administrasi. 

Dari eksekutif yang diwawancara, 91 persen berencana untuk mempertahankan atau meningkatkan investasi dalam teknologi digital di tahun-tahun mendatang. 

Lebih dari setengah responden (dibandingkan dengan survei pertengahan tahun) mengatakan kerja jarak jauh telah meningkatkan produktivitas dibandingkan dengan tingkat sebelum Covid-19. Dorongan ini memimpin organisasi untuk mencita-citakan penghematan rata-rata 20 persen melalui optimalisasi portofolio biaya ruang kantor.

Kondisi saat ini diakui tidak mudah. Di podcast McKinsey on Government, mitra senior McKinsey Kirk Rieckhoff membahas mengapa perubahan begitu sulit bagi sistem dan organisasi, bagaimana menyatukan tim yang dapat merangkul transformasi, dan langkah-langkah yang mengarah pada kesuksesan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan