Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan sejak tahun 1990. Mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan. Siap membantu dan mendampingi penyusunan Rancang Bangun Master Program Transformasi Corporate Culture dan mendampingi pelaksanaan internalisasi shared values dan implementasi culture.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Inspirasi Menjadi Pemenang di Dunia Next Normal

16 November 2021   07:08 Diperbarui: 16 November 2021   19:08 209 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi (envato elements)

Pemimpin pemasaran (CMO) memiliki kesempatan sekali dalam satu generasi untuk memimpin, membentuk, dan mendorong agenda pertumbuhan. Mereka dapat memanfaatkan peluang ini dengan mengintegrasikan kreativitas, analitik, dan tujuan---pertumbuhan triple play---di seluruh spektrum aktivitas pemasaran.

Dalam keadaan "Next Normal", pengambilan keputusan terjadi dengan cepat dan didorong jauh ke dalam organisasi. Sebuah tujuan yang jelas dan diartikulasikan adalah apa yang membuat organisasi bergerak bersama dalam arah yang sama sebagai satu unit yang kohesif.

Tujuan yang jelas bertindak sebagai mercusuar, memberi sinyal kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal bahwa perusahaan tahu siapa mereka dan apa yang mereka perjuangkan.

Anggota tim di garis depan memanfaatkan rasa tujuan saat mereka menetapkan prioritas dan membuat keputusan cepat. Mereka tahu secara intuitif di mana mereka memiliki izin untuk beroperasi---dan di mana mereka tidak memiliki izin.

Suar tersebut sama pentingnya bagi pemangku kepentingan eksternal. Mitra ekosistem tahu di mana garis ditarik, investor memahami prioritas strategis, dan pelanggan dapat mengukur seberapa dekat organisasi selaras dengan nilai-nilai pribadi mereka.

Tujuan sangat penting ketika menyangkut tugas kritis merekrut dan mempertahankan talent. Tujuan yang jelas membantu perusahaan menarik pekerja yang banyak diminati---terutama penting bagi perusahaan yang berlokasi jauh dari Lembah Silikon yang bersaing untuk mendapatkan bintang digital.

Setelah perjanjian perekrutan ditandatangani, tujuan tersebut membantu perusahaan mengalokasikan bakat penting ke peran penggerak nilai yang paling penting. 

Perusahaan triple play dua kali lebih mungkin memiliki strategi akuisisi bakat yang lebih kuat daripada perusahaan lain. Perusahaan yang cerdas ini memahami bahwa menarik dan mempertahankan talenta yang tepat lebih penting untuk mencapai dan mempertahankan pertumbuhan di atas pasar daripada investasi modal.

Tujuan yang terdefinisi dengan baik juga dapat membantu pemasar memahat portofolio produk dan merek, memberikan panduan untuk mengadaptasi dan mengembangkan merek. Nilai akan bervariasi dari organisasi ke organisasi, tetapi merek harus melayani baik organisasi maupun pelanggan, dan dalam banyak kasus tujuan yang lebih tinggi.

Membangun merek untuk nilai bersama akan mendorong pertumbuhan transformatif dan berkelanjutan. Melalui visi 'membangun merek untuk nilai bersama', perusahaan menata ulang seluruh konsep pembangunan merek dan nilai yang dapat dibawa ke generasi berikutnya.

Dengan memanfaatkan kekuatan merek utama untuk mendorong perubahan nyata pada masalah sosial dan lingkungan utama, dan membantu organisasi terus menyempurnakan agenda pertumbuhan perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan