Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan sejak tahun 1990. Mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan. Siap membantu dan mendampingi penyusunan Rancang Bangun Master Program Transformasi Corporate Culture dan mendampingi pelaksanaan internalisasi shared values dan implementasi culture.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Kemampuan Beradaptasi dan Ketahanan Menghadapi Tantangan

3 September 2021   07:02 Diperbarui: 6 September 2021   04:05 267 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kemampuan Beradaptasi dan Ketahanan Menghadapi Tantangan
Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/Vasyl Dolmatov)

Pengalaman selama pandemi Covid-19 memberikan pelajaran penting bagaimana sebagian perusahaan berhasil melewati krisis dan upaya pemimpin merangkul insan perusahaan untuk maju bersama. 

Kemampuan untuk tumbuh dan berkembang, terutama selama masa perubahan dan stres adalah kekuatan baru dan prioritas tinggi yang harus dibangun oleh para pemimpin.

Dalam survei pengembangan kemampuan oleh McKinsey terhadap lebih dari 1.200 pemimpin dan tim global, kemampuan beradaptasi adalah salah satu dari dua kemampuan teratas yang diidentifikasi oleh eksekutif senior sebagai hal yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan pemulihan organisasi mereka dari krisis Covid-19. 

Kemampuan lainnya adalah kepemimpinan yang inspirasional. Memang, para pemimpin memanfaatkan kesempatan ini untuk menumbuhkan pola pikir belajar dalam masyarakat dan organisasi mereka, yang secara khusus berfokus pada membangun ketahanan dan kemampuan beradaptasi sekarang dan di masa depan.

Para pemimpin yang memperkuat ketahanan insan perusahaan tidak hanya melakukan hal yang benar untuk insan perusahaannya tetapi juga mengatur diri mereka sendiri untuk berhasil dalam normal baru volatilitas dan pekerjaan virtual. 

Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan yang berinvestasi di kesejahteraan dan energi insan perusahaan memperoleh keuntungan empat kali lebih tinggi, dan keuntungan lebih dari 20 persen dalam produktivitas dan inovasi. 

Mereka juga lebih siap untuk menangani guncangan seperti Covid-19 atau gangguan model bisnis lainnya dengan kecepatan yang lebih tinggi dan ketahanan lebih kuat di masa depan.

Kesiapan pemimpin dan insan perusahaan, bukan berarti sekadar bereaksi terhadap tantangan berikutnya yang datang kepada mereka, melainkan bersiap untuk menghadapinya ketika tantangan itu tiba. 

Ada satu alat di atas segalanya yang dapat membantu para pemimpin melakukan itu, yaitu kemampuan beradaptasi. 

Meningkatkan kemampuan beradaptasi dan ketahanan dapat menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan kesejahteraan dan pengalaman, yang pada gilirannya telah terbukti meningkatkan kreativitas, inovasi, keterlibatan, kecepatan organisasi, dan kinerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan