Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan sejak tahun 1990. Mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan. Siap membantu dan mendampingi penyusunan Rancang Bangun Master Program Transformasi Corporate Culture dan mendampingi pelaksanaan internalisasi shared values dan implementasi culture.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Gangguan pada Pekerjaan dengan Kedekatan Fisik saat Pandemi Covid-19

13 Juli 2021   07:13 Diperbarui: 13 Juli 2021   07:14 90 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gangguan pada Pekerjaan dengan Kedekatan Fisik saat Pandemi Covid-19
Varian Arena Kerja Dalam Kedekatan Fisik (File by Merza Gamal)

Sebelum Covid-19, gangguan terbesar pada pekerjaan melibatkan teknologi baru dan hubungan perdagangan yang berkembang. Pandemi Covid-19, untuk pertama kalinya, meningkatkan pentingnya dimensi fisik pekerjaan. 

Dalam penelitian McKinsey, dikembangkan cara baru untuk mengukur kedekatan yang dibutuhkan di lebih dari 800 pekerjaan dengan mengelompokkannya ke dalam sepuluh arena kerja sesuai dengan kedekatan mereka dengan rekan kerja dan pelanggan, jumlah interaksi interpersonal yang terlibat, dan sifat mereka di kantor dan di dalam ruangan. .

Penelitian tersebut menawarkan pandangan yang berbeda tentang pekerjaan dibandingkan definisi sektor tradisional. Misalnya, arena perawatan medis hanya mencakup peran pengasuhan yang membutuhkan interaksi dekat dengan pasien, seperti dokter dan perawat. 

Staf administrasi rumah sakit dan kantor medis jatuh ke dalam arena kerja kantor berbasis komputer, di mana lebih banyak pekerjaan dapat dilakukan dari jarak jauh. Teknisi laboratorium dan apoteker bekerja di arena kerja produksi dalam ruangan karena pekerjaan tersebut memerlukan penggunaan peralatan khusus di tempat tetapi memiliki sedikit paparan terhadap orang lain.

Penelitian McKinsey tersebut menemukan bahwa pekerjaan di arena kerja dengan tingkat kedekatan fisik yang lebih tinggi cenderung mengalami transformasi yang lebih besar setelah pandemi, memicu efek sampingan di arena kerja lain saat model bisnis berubah sebagai tanggapan.

Gangguan jangka pendek dan potensi jangka panjang ke arena ini dari Covid-19 bervariasi. Selama pandemi, virus paling parah mengganggu arena dengan skor kedekatan fisik keseluruhan tertinggi, yaitu: perawatan medis, perawatan pribadi, layanan pelanggan di tempat, dan liburan dan perjalanan. Dalam jangka panjang, arena kerja dengan skor kedekatan fisik yang lebih tinggi juga cenderung lebih tidak tenang, meskipun kedekatan bukanlah satu-satunya penjelasan. Sebagai contoh:

  • Arena interaksi pelanggan di tempat termasuk pekerja garis depan yang berinteraksi dengan pelanggan di toko ritel, bank, dan kantor pos, di antara tempat-tempat lain. Bekerja di arena ini ditentukan oleh interaksi yang sering dengan orang asing dan membutuhkan kehadiran di tempat. Beberapa pekerjaan di arena ini bermigrasi kepada e-commerce dan transaksi digital lainnya, perubahan perilaku yang kemungkinan akan bertahan.
  • Arena rekreasi dan perjalanan adalah rumah bagi pekerja yang menghadapi pelanggan di hotel, restoran, bandara, dan tempat hiburan. Pekerja di arena ini berinteraksi setiap hari dengan kerumunan orang baru. Covid-19 memaksa sebagian besar tempat rekreasi ditutup pada tahun 2020-2021 dan bandara serta maskapai penerbangan beroperasi dengan sangat terbatas. Dalam jangka panjang, peralihan ke pekerjaan jarak jauh dan pengurangan terkait perjalanan bisnis, serta otomatisasi beberapa pekerjaan, seperti peran layanan makanan, dapat mengurangi permintaan tenaga kerja di arena ini.
  • Arena kerja kantor berbasis komputer mencakup kantor dari semua ukuran dan ruang kerja administratif di rumah sakit, pengadilan, dan pabrik. Bekerja di arena ini hanya membutuhkan kedekatan fisik yang moderat dengan orang lain dan sejumlah interaksi manusia yang moderat. Ini adalah arena terbesar di negara maju, terhitung sekitar sepertiga dari lapangan kerja. Hampir semua potensi pekerjaan jarak jauh ada di dalam arena ini.
  • Arena produksi dan pemeliharaan luar ruang meliputi lokasi konstruksi, pertanian, tempat tinggal dan komersial, dan ruang luar lainnya. Covid-19 berdampak kecil di sini karena pekerjaan di arena ini membutuhkan jarak yang rendah dan sedikit interaksi dengan orang lain dan dilakukan sepenuhnya di luar ruangan. Ini adalah arena terbesar di Cina dan India, terhitung 35 hingga 55 persen dari tenaga kerja mereka.

Krisisi akibat pandemi Covid-19 mendorong adopsi otomatisasi dan Artificial Intelligence (AI) menjadi lebih cepat, terutama di arena kerja dengan kedekatan fisik yang tinggi.

Cara bisnis yang mampu mengendalikan biaya dan mengurangi ketidakpastian selama krisis adalah dengan mengadopsi otomatisasi dan mendesain ulang proses kerja, yang mengurangi porsi pekerjaan yang terutama melibatkan tugas-tugas rutin. Dalam survei global McKInsey terhadap 800 eksekutif senior pada Juli 2020, dua pertiga mengatakan mereka meningkatkan investasi dalam otomatisasi dan AI baik sedikit atau signifikan. Angka produksi untuk robotika di China melebihi tingkat prapandemi pada Juni 2020.

Banyak perusahaan menerapkan otomatisasi dan AI di gudang, toko kelontong, pusat panggilan, dan pabrik untuk mengurangi kepadatan tempat kerja dan mengatasi lonjakan permintaan. Fitur umum dari kasus penggunaan otomatisasi ini adalah korelasinya dengan skor tinggi pada kedekatan fisik, dan penelitian menemukan bahwa arena kerja dengan tingkat interaksi manusia yang tinggi cenderung melihat percepatan terbesar dalam adopsi otomatisasi dan AI.

Penulis,

Merza Gamal

Author of Change Management & Cultural Transformation

Former AVP Corporate Culture at Biggest Bank Syariah

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN