Mohon tunggu...
Yovinus
Yovinus Mohon Tunggu... Penulis - laki-laki

Hidup itu begitu indah, jadi jangan disia-siakan. Karena kehidupan adalah anugerah Tuhan yang paling sempurna bagi ciptaanNya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Perbedaan Orang Tua dan Anak Muda dalam Mengendarai Sepeda Motor

15 September 2023   20:02 Diperbarui: 15 September 2023   21:33 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar https://otomotif.kompas.com/read/2018/12/25/072200415/ojek-online-harus-jadi-pelopor-keselamatan-di-jalan-raya

Pada suatu hari, saya memutuskan untuk pergi ke kota yang berjarak sekitar 100 kilometer dari tempat tinggal saya. Selama perjalanan, saya melihat banyak anak muda yang mengendarai sepeda motor dengan sangat cepat, baik laki-laki maupun perempuan. Mereka melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi, tetapi saya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh perilaku mereka yang berani itu.

Sikap tenang saya ini didasarkan pada beberapa pertimbangan yang saya miliki. Pertama, saya sadar bahwa mengendarai dengan terlalu cepat bisa membuat sistem pengereman menjadi tidak efektif. Saya tahu bahwa dalam situasi darurat, memiliki kendali yang baik atas kendaraan saya adalah hal yang sangat penting untuk keselamatan diri dan orang lain di jalan.

Selain itu, motor yang saya kendarai sudah cukup tua. Saya memiliki kebijaksanaan untuk tidak memaksakan kendaraan tersebut terlalu keras. Saya lebih memilih untuk menjaga kecepatan yang stabil dan aman daripada merusak mesin atau meningkatkan risiko terlibat dalam kecelakaan.

Pilihan saya untuk tetap mengemudi dengan tenang dan hati-hati adalah bentuk tanggung jawab dan kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas. Meskipun banyak orang muda yang suka mengendarai dengan cepat, saya lebih memilih untuk menjaga kecepatan yang wajar dan memastikan bahwa saya tiba dengan selamat di tujuan saya. Keselamatan selalu menjadi prioritas utama dalam setiap perjalanan saya.

Sementara bagi generasi muda, mengendarai sepeda motor secara laju bisa memiliki beberapa bahaya serius. Berikut adalah beberapa bahaya yang perlu diperhatikan:

Kecelakaan lalu lintas: Mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas. Anak muda yang belum memiliki pengalaman berkendara cenderung kurang bisa mengantisipasi bahaya di jalan, dan kecepatan tinggi dapat membuat reaksi mereka lebih lambat.

Cedera fisik serius: Kecelakaan sepeda motor pada kecepatan tinggi dapat mengakibatkan cedera fisik yang serius, termasuk patah tulang, luka bakar, luka kepala, dan cedera organ dalam. Anak muda yang terlibat dalam kecelakaan semacam ini bisa mengalami dampak jangka panjang pada kesehatan mereka.

Kemungkinan kematian: Kecelakaan sepeda motor pada kecepatan tinggi juga meningkatkan risiko kematian. Kecelakaan serius dapat berakhir dengan hasil yang fatal, yang bisa menghancurkan hidup keluarga dan teman-teman anak muda yang terlibat.

Hukum dan Sanksi: Mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi juga melanggar undang-undang lalu lintas dan dapat mengakibatkan sanksi hukum, termasuk denda, penahanan SIM, atau bahkan penahanan. Ini bisa merusak rekam jejak anak muda dan memiliki konsekuensi jangka panjang pada masa depan mereka.

Tekanan Grup: Anak muda seringkali merasa tekanan dari teman-teman mereka untuk mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi. Ini bisa mengarah pada perilaku yang berisiko karena upaya untuk menunjukkan keberanian atau mendapatkan persetujuan dari rekan-rekan sebaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun