Mohon tunggu...
Widianto.H Didiet
Widianto.H Didiet Mohon Tunggu... Model - Pria Tampan Pencari Cinta

Seorang pecinta seni yang mencari makan dari dunia kreatif, suka jalan jalan selama tidak menyusahkan dan tentunya sangat menikmati Wisata Kuliner sebagai kebutuhan wajib yang tidak bisa ditinggalkan. Aktif di dunia fotografi sebagai praktisi, hobi dan sekaligus pengisi pundi pundi.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Melinting Rokok Sendiri

21 Agustus 2018   14:07 Diperbarui: 21 Agustus 2018   14:30 16988
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Awalnya setelah diracuni seorang sahabat, saya mencoba mendalami dunia Linting Tembakau ini. Pastinya sih gara-gara semakin mahalnya pajak rokok dan semakin banyaknya rokok yang saya habiskan perharinya.

Bingung? pastilah, karena sekian puluh tahun merokok, saya hanya dapat menikmati rokok pabrikan, sekalinya mencoba rokok linting, saya diberi tembakau antah berantah yang membuat saya kapok untuk mencoba rokok selain rokok pabrikan yang biasa saya konsumsi.

Nah, singkat cerita, sahabat saya ini memberitahu bahwa ada aneka jenis tembakau dengan rasa berbeda, bahkan rasa rokok yang saya konsumsi juga tersedia. Saya tertarik dan mencoba belanja secara online dari link yang diberikan oleh sahabat saya. 

Kenapa saya belanja secara online? Hal ini karena di kota saya, sangat sulit menemukan toko tembakau yang mana kita bisa mencicip dan memilih tembakau ditempat langsung.

Apa yang saya beli? ini daftarnya...

 1. Kertas Rokok 

Malioboro | dokpri
Malioboro | dokpri
Kertas rokok yang bisa ditemukan di internet beraneka ragam, dengan berbagai merek, saya memilih kertas rokok yang merupakan plesetan dari rokok saya Sampoerna Menthol, plesetannya menjadi huruf R ataupun B dari yang aslinya A. Tidak terlalu terlihat bedanya secara selintas. Jika kamu perokok Marlboro, pelesetannya menjadi Malioboro, lucu kan, kamu bisa nemuin aneka merek lain yang dipelesetkan. 

Memang ada juga kertas rokok luar negeri ataupun dengan merek khusus dengan harga lebih mahal, tapi saya rasa untuk pemula lebih baik mencoba kertas rokok "jadi-jadian" ini terlebih dulu sebelum mencoba kertas rokok bermerek.

Harga 1 bungkus untuk sekitar 50-60 lembar (6 gram)  kurang lebih Rp.1000 - 2000 tergantung pelapak, tapi saya sarankan lebih baik cari penjual yang menjual 1 ikat (86 gram, gak saya hitung berapa lembar, banyak banget soalnya) sekitar Rp.8500 - Rp.10.000,- , ini lebih banyak dan jauh lebih murah.

 2. Filter Rokok 

filter rokok | dokpri
filter rokok | dokpri
Filter Rokok yang beredar setelah saya perhatikan ada 2 type, yaitu type Mild (kecil) dan type Standar (besar) besar kecil disini adalah dari ukuran rokoknya, perhatikan bahwa rokok seperti gudang garam, samsu dan sejenisnya diameternya lebih besar dari rokok type mild. Beli sesuai ukuran type rokok yang kita hisap. Jika rokok kamu non filter seperti 234, sepertinya kamu gak perlu beli filter ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun