Mohon tunggu...
Edukasi Pilihan

Pengembangan Diri Setiap Guru

20 April 2019   08:00 Diperbarui: 20 April 2019   08:18 1005 4 2 Mohon Tunggu...

Pengembangan Diri

(Tulisan ini sebagai motivasi mengikuti training guru melek it (dogmit) indonesia)

Seorang pendidik dituntut untuk konsisten mengembangkan dirinya, yaitu meningkatkan kompetensinya sebagai tenaga pendidik  yang profesional, baik pengetahuannya (knowledge) sekaligus ketrampilannya ( skill).  

Pengembangan diri tersebut tentu berkaitan dengan kompetensi disiplin ilmu yang dimiliki, dan juga kemampuan memanfaatkan teknologi kekinian untuk mendukung aktivitas pembelajaran. 

Saat ini, skill mengajar tentu tidak boleh lepas dari kemampuan seorang pendidik menguasai teknologi Informatika didalam menunjang proses pembelajaran ataupun dalam mendukung administrasi pembelajaran. 

Memasuki abad 21 ini, seorang pendidik  yang belum mempunyai kemampuan IT yang mumpuni,  bagaikan seorang pendidik yang mengajar peserta didik ( baca siswa ) di abad 19.  

Apalagi kini gaung dari era 4.0 telah menggema seantero jagatraya ini, sehingga mensyaratkan setiap pendidik untuk terus dituntut untuk mengembangkan dirinya dengan kemampuan mengoperasikan perangkat komputer.

Bagaimana upaya seorang pendidikan untuk senantiasa mengembangkan dirinya ?.  Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat diuraikan oleh penulis atas dasar pengalaman yang telah dijalaninya, paling tidak dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. 

Tentu tulisan ini bukan menguraikan secara detail dasar-dasar teoritisnya, namun sekali lagi atas dasar pengalaman pribadi yang telah dilaksanakan secara nyata dalam aktifitasnya sebagai seorang pendidik.

Paling tidak terdapat tiga cara yang bisa ditempuh untuk pengembangan diri, yaitu Belajar mandiri, In House Training, dan Training On-Line.

Belajar "mandiri"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x