Mohon tunggu...
mellyani safitri
mellyani safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - tidak ada

tidak adak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Universitas Pendidikan Indonesia Gelar KKN Tematik Online di Masa Pandemi Covid-19

30 Juli 2021   06:20 Diperbarui: 30 Juli 2021   06:46 45 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Universitas Pendidikan Indonesia Gelar KKN Tematik Online di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudah setahun lebih wabah pandemic Covd-19 menyerang Indonesia,  Corona Virues Disease 2019 (COVID-19) merupakan wabah virus yang menginfeksi manusia dan menyerang saluran pernapasan. Virus ini dapat menular dengan mudah terhadap manusia lain melalui droplet yaitu cairan dari tubuh manusia yang dihasilkan dari mulut seseorang ketika bicara, bersin atau batuk. Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada Desember 2019 yang kemudian menyebar menjadi wabah pandemi. Diduga bahwa COVID-19 ditularkan dari hewan ke manusia, tetapi kemudian ditemukan bahwa virus ini menular juga dari manusia ke manusia. 

Mengingat tingkat risiko penularan virus ini yang sangat tinggi, pemerintah melakukan kebijakan pembatasan social atau social distancing yaitu melakukan jaga jarak secara fisik untuk mengurangi kontak dengan manusia dengan jarak minimal 1 meter. Disamping aturan untuk menjaga jarak antar manusia untuk menghindari kemungkinan tertular Covid-19, masyarakat juga dilarang melakukan kegiatan yang mengakibatkan kerumunan atau dengan banyak prang pada satu tempat  Karena kebijakan tersebut banyak aktivitas manusia yang dibatasi karena harus mengurangi kontak fisik dengan manusia, kegiatan belajar, bekerja, dan ibadah dilakukan di rumah sebagai upaya pencegahab penyebaran virus Covid-19

Dikarenakan situas dan kondisi yang seperti ini, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)s  ebagai salah satu universitas bagi calon pendidik di Indonesia, menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan secara daring dengan tema "Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020/2021". KKN tematik gelombang 1 dilaksanakan selama 30 hari dimulai pada tanggal 1 Juli 2021 -- 31 Juli 2021.

Melalui kegiatan KKN ini para mahasiswa diharapkan dapat berkontribusi untuk mengatasi masalah, membangun dan mengembangkan desa melalui bidang ekonomi dan pendidikan yang terdampak Covid-19 di wilayahnya masing -- masing, sasaran dari program ini terbagi menjadi dua bidang yaitu pada bidang ekonomi adalah UMK (Usaha Mikro dan Menengah), BUMdes (Badan Usaha Milik Desa,  para pekerja yang terdampak Covid-19 dan Kepala Desa setempat. Sedangkan sasaran pada bidang pendidikan adalah Kepala Sekolah, siswa, dan orangtua siswa di desa setempat.

Pada bidang ekonomi mahasiswa akan melakukan pendampingan dan pendataan yang meliputi profil UMK, manajemen usaha, pemasaran, proses produksi, pengembangan sumberdaya manusia, pengembangan produk, legalitas, keuangan dan lain lain. Pada bidang pendidikan mahasiswa akan melakukan pendampingan dan penguatan pembelajaran dalam jaringan untuk semua mata pelajaran di PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMK/SMA/MA, pendampingan orangtua dalam pembelajaran siswa, dan pendampingan siswa dalam pembelajaran dalam jaringan.

Salah satu peserta dari kegiatan KKN Tematik MDPE-MBKM yang diselenggarakan oleh UPI adalah Fujiyarti Pusparani (22) seorang mahsiswi jurusan pendidikan geografi tingkat akhir yang sedang melaksanakan KKN Tematik MDPE-MBKM di Madrasah Aliyah (MA) Ulul Albab di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung

Melalui bidang pendidikan, fujiyarti membantu melakukan penguatan guru dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran geografi. Guru diberi pelatihan dan pengajaran singkat dari fujiyarti dalam menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi seperti Quizizz dan Kahoot agar pembelajaran jarak jauh menjadi lebih menarik dan menyenangnkan. Ia juga memberikan sosialisasi mengenai pentingnya pendampingan dan peran otangtua terhadap proses pembelajaran jarak jauh di masa pandemic Covid-19. Diharapkan melalui kegiatan ini para mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dapat berkontribusi dalam menanggulangi dampak yang ditimbulkan Covid-19 dan dapat meningkatkan sumberdaya mansuai dan kesejahteraan masyarakat desa setempat.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN