Mohon tunggu...
Melisa
Melisa Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Lepas untuk Berbagai Merek Populer di Tanah Air

Day-dreamer, night thinker, Black Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Wagyu Beef yang Lezat dan Mahal Itu Sehat Nggak Ya?

12 September 2022   11:10 Diperbarui: 12 September 2022   11:56 116 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Pixabay.com

Beberapa tahun belakangan ini, popularitas wagyu beef di tanah air memang sedang naik daun. Menurut para penggemar jenis daging tersebut, rasanya sangat lezat dan berbeda dengan daging sapi biasa. Kamu sudah pernah mencobanya belum?

Secara harfiah, kata wagyu memiliki arti daging sapi Jepang, wa artinya Jepang dan gyu artinya sapi. Ciri khas daging ini terletak pada kandungan lemaknya yang membentuk pola marmer (dikenal dengan istilah marbling). Lemak tersebut membuat wagyu terasa lebih gurih dan lumer di mulut saat disantap. So yummy. Dahulu, sapi penghasil wagyu hanya dikembangbiakkan di Jepang. Namun kini Amerika Serikat dan Australia juga gencar mengembangbiakkan sapi tersebut untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat.

Mengenal Proses Ternak Sapi Wagyu

Sapi penghasil wagyu beef dikembangbiakkan dengan proses yang istimewa sehingga bisa menghasilkan daging berkualitas tinggi. Jenis sapi ini tidak pernah dipaksa makan dalam jumlah banyak. Sebaliknya, sapi justru ditempatkan di padang rumput yang sejuk dan luas serta diberi pakan bergizi berupa rumput, buah-buahan, dan sayuran. 

Tak jarang pula sapi dipijat dan diperdengarkan musik supaya lebih rileks. Kondisi sapi yang bahagia dan bebas stres dapat menghasilkan wagyu berkualitas dengan harga mahal.

Beragam Manfaat dalam Daging Wagyu

Manfaat yang bisa diperoleh bila mengonsumsi wagyu beef dengan porsi seimbang antara lain:

Membantu Menstabilkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Sebuah penelitian kesehatan yang dirilis tahun 2016 menyatakan bahwa wagyu beef mengandung lemak tak jenuh (monounsaturated fat) lebih banyak daripada jenis sapi biasa. Tak mengherankan deh bila konsumsi daging wagyu dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam darah. Sahabat Sehat akan terhindar dari komplikasi penyakit serius akibat kadar kolesterol tinggi bila rajin mengonsumsi wagyu.

Memenuhi Kebutuhan Omega 3 dan Omega 6 Bagi Tubuh

Selain kaya kandungan lemak tak jenuh, wagyu beef juga mengandung omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat bagi tubuh. Kedua jenis omega tersebut penting untuk meminimalkan risiko penyakit kanker dan jantung, menjaga daya tahan tubuh, serta mendukung kesehatan otak. Ibu hamil dan menyusui disarankan mengonsumsi daging wagyu yang dimasak hingga matang sempurna untuk mendukung kebutuhan gizi janin dan bayi baru lahir.

Menjaga Keseimbangan Metabolisme Tubuh

Wagyu beef juga termasuk bahan makanan bergizi yang kaya zat besi dan natrium. Zat besi penting untuk mendukung pengangkutan oksigen ke seluruh organ tubuh sehingga kamu terhindar dari anemia. Sedangkan natrium juga dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mendukung sistem syaraf.

Rasa yang lezat dan manfaat yang istimewa pasti bikin kamu ngga ragu lagi menyantap wagyu beef. Pastikan kalau kamu memilih wagyu yang paling berkualitas supaya manfaat gizinya semakin maksimal, ya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan