JURNAL PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONALÂ
MENGAPA PSE ITU PENTING?
DISUSUN OLEH:
Â
MEKA NUELLA TURNIP, S.Pd.K_334
MAHASISWA PPG BATCH 1 LPTK IAKN TARUTUNG
Â
 DOSEN PEMBIMBING/FASILITATOR:
DORLAN NAIBAHO, M.Pd.KÂ
MENGAPA PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL PENTING?
- PENDAHULUAN
       Perkembangan sosial anak Sekolah Dasar ditunjukkan adanya perubahan pada bentuk sikap/perbuatan serta perluasan korelasi antara teman sebaya, anak juga mulai menjalin korelasi dengan sahabat seusianya atau kawan satu kelas, sehingga ruang gerak sosialnya semakin luas. Perkembangan sosial pada anak ditandai dengan proses pencapaian kematangan dalam kehidupan sosialnya, bagaimana dia menyesuaikan diri dengan lingkungannya, berinteraksi dengan lingkungannya dan mengikuti aturan yang terdapat pada lingkungan sosialnya.[1] Perkembangan emosional adalah perkembangan yang mana emosi adalah faktor yang dominan dalam mendorong sikap seseorang, begitu juga perilaku belajar. American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa perkembangan emosi mengacu pada kemampuan anak agar mempunyai pengetahuan dalam mengelola serta menampilkan emosi secara baik misalnya ungkapan emosi yang baik juga emosi yang tidak baik, anak bisa berinteraksi dengan temannya serta orang yang dewasa .[2]
Â
       Pembelajaran Sosial emosional adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif atas seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak dan orang dewasa yang berada pada lingkungan di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional. Pembelajaran Sosial emosional bertujuan untuk : memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi, menetapkan dan mencapai tujuan positif, merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain, membangun dan mempertahankan hubungan yang positif serta, membuat keputusan yang bertanggung jawab. Pembelajaran Sosial emosional adalah hal yang sangat penting. Pembelajaran ini berisi keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan anak untuk dapat bertahan dalam masalah, sekaligus memiliki kemampuan memecahkannya, juga untuk mengajarkan mereka menjadi orang yang baik.
Â
       Berdasarkan pemaparan di atas, pembelajaran sosial-emosional memiliki peran yang penting pada bidang akademik peserta didik. Sehingga, pembelajaran sosial-emosional dapat menjadi pertimbangan untuk diimplementasikan dan diintegrasikan dengan mata pelajaran di sekolah, terutama pada mata pelajaran dengan hasil belajar yang rendah. Penerapan pembelajaran sosialemosional akan membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak dan penyesuaian dengan kurikulum serta budaya sekolah.
Â
Â
- Â METODE
Â