Mohon tunggu...
Tonnly Mejuah Juah
Tonnly Mejuah Juah Mohon Tunggu...

AAL IZZ WELL

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Tips Memilih Durian

2 Februari 2012   06:30 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:09 0 2 0 Mohon Tunggu...

Karena sudah makan siang, maka sayapun berangkat ke sebuah tempat penjualan durian. Disana saya menemukan banyak jenis durian, ada yang kuning, hijau dan agak menguning. Durian itu ternyata semuanya dibeli dari Muara Dua dan dari daerah Palembang sekitarnya. emmm..enak tenan!!

Tapi bagi anda penyuka durian, ada baiknya anda menahan diri untuk mengkonsumsi buah ini bila anda memiliki lupa pada bagian tubuh ini. Karena biasanya durian ini akan membuat badan anda panas dan secara tak langsung membuat luka anda semakin membengkak dan proses penyembuhanya juga akan menjadi lama.

Disini saya akan memberikan beberapa tips singkat memilih durian sehingga kita tak merasa dirugikan pada akhirnya.

Pertama, kita harus bisa membedakan mana durian yang karbitan dan yang tidak. Yang karbitan biasanya kulitnya/duri akan terlihat layu akibat suhu panas saat di karbit. Rasanya pun pasti berbeda, yang karbitan rasanya tidak segar dan sedikit hangat.

Kedua ciumlah baunya, bila baunya tak ada berarti ada kemungkinan durian itu adalah durian karbitan atau isinya tak bagus atau mentah. Tapi memang sebagaian durian tidak memiliki bau yang wangi, nah untuk yang satu ini coba kita pukulkan duren dengan menggunakan batu atau pisau, bila suaranya seperti tidak solid/keras (suaranya seperti nangka yang matang) maka durian itu sudah pasti matang. Durian yang matang akan memiliki massa yang lebih ringan dibandingkan dengan yang mentah.

Selanjutnya, jangan terkecoh dengan ukuran karena biasanya ukuran tak merefleksikan isinya. Menentukan manis atau tidaknya durian itu adalah hal yang lain lagi. Ingat matang belum tentu manis atau enak karena ada durian yang matang tapi rasanya basi atau rasa air dingin.

Bila memang sang penjual mengijinkan, cungkillah dengan pisau pada bagian garis kamar durian hingga kita mendapatkan dagingnya dan dari situ anda akan tahu apakah durian itu manis atau tidak.

Selanjutnya jangan lupa membayar dan buang sampahnya pada tempatnya..

Selamat makan durian

Salam sayang,

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x