Mohon tunggu...
meita suci ramadhani
meita suci ramadhani Mohon Tunggu... Guru Ekonomi pemerhati ekonomi

TTL : Cianjur 6 Mei 1987

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

"Nggak Enak Kerja Sama Orang Lain, Mending Punya Bisnis Sendiri", Apakah Itu Benar?

16 Juli 2020   19:45 Diperbarui: 16 Juli 2020   19:42 38 2 0 Mohon Tunggu...

Menarik nih ketika ada seseorang yang memberikan tahu saya kalau dia sudah keluar dari kerjaannya dengan alasan tidak nyaman atau tidak enak kerja sama orang, maunya bisnis sendiri saja. 

Hmmh menarik kan, apalagi kalau ini diutarakan oleh seseorang yang baru lulus SMA. Tidak salah sih, tapi rasanya ada keliru sedikit, ini nih yang seharusnya mereka pahami dan pelajari lebih lanjut, yuk kita simak.

Kalau kebanyakan orang membagi pekerjaan menjadi dua yaitu Pekerja karyawan yang bekerja hanya untuk satu lembaga/ perusahaan dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore seminggu 5 hari, dan pekerja freelance yang bekerjanya bisa untuk beberapa lembaga dengan jam kerja yang tidak menentu. 

Kalau saya membaginya dengan sebutan yang berbeda yaitu independent worker with deal dan worker that follow by instruction/rules.

  1. Independent worker with deal (seperti freelance worker/ pembisnis) adalah mereka yang bekerja sesuai kesepakatan antara perkerja dengan klien baik dari segi pembayaran, kesamaan ide dan konsep dan lain sebagainya dimana sudah disepakati secara bersama-sama. Lalu setelah disepekati maka akan ada target, dimana target ini harus dipenuhi berdasarkan jangka waktu bisa harian, mingguan, bulanan atau bahkan tahunan, bukan waktu detail yang harus ditentukan tiap jamnya atau tiap menitnya. Kemudian setelah sepakat dengan targetnya, kemudian cara kerjanya diberi kebebasan kapada pekerjanya. Pada tipe ini, pekerja harus lebih menonjolkan sikap leadership-nya, dimana dialah yang menjadi pemimpinnya.
  2. Worker that follow by instructions/rules, ini adalah mereka yang bekerja sebagai karyawan, yang bekerja dari jam 8 pagi sampai dengan jam 5 sore. Dimana para karyawan ini bekerja sesuai arahan atasan, tidak bisa sesuai dengan keinginan kita sendiri. Bahkan tempat bekerja, cara bekerja, dan waktu bekerja pun juga sudah ditentukan oleh atasan dari lembaga tempat kita bekerja. Dengan kata lain pekerja tipe ini dipimpin bukan memimpin.

Baiklah kita akan kembali kepada anak yang baru lulus SMA yang merasa tidak nyaman bekerja dengan orang lain ini. Memang kalau kita liat dari perbedaannya, sepertinya Indenpendent worker ini lebih memiliki keleluasaan sedangkan pekerja karyawan memiliki banyak keterbatasan dalam melakukan pekerjaannya, maka hampir semua orang akan memilih menjadi indenpendent worker.

Nah inilah yang harus diketahui, bahwa kedua tipe pekerja ini sebenarnya saling berhubungan, bahkan saling mendukung, dimana sebelum menjadi Indenpendent worker kita harus melalui menjadi Worker that follow by instructions/rules terlebih dahulu. Atau istilah mudahnya adalah kalau kamu mau jadi pemimpin yang baik, maka harus bisa menjadi orang yang dipimpin dengan baik juga.

Selain itu juga, kedua tipe pekerja ini juga memiliki kesamaan perilaku yang sama-sama yang harus dimiliki, yaitu kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama, termasuk kemampuan mengatasi konflik. 

Nah supaya kita bisa mempelajari kemampuan-kemampuan tersebut sambil mempraktekkannya, maka kita bisa memulainya dengan ketika menjadi karyawan.

Kemampuan berkomunikasi dengan atasan, bawahan dan teman sejawat, pastilah berbeda caranya, di sinilah kita bisa berlatih untuk hal tersebut. Selain itu kamu juga bisa mempelajari cara berkomunikasi dari atasanmu, bawahanmu dan teman sejawatmu, jadi kelak ketika kamu menjadi seorang pemimpin kamu bisa berkomunikasi dengan cara yang lebih baik lagi. 

Istilahnya kalau kamu mau menuju puncak menggunakan tangga dari bawah ke atas sebanyak 10 anak tangga, maka kamu harus melewati dan mempijaki ke sepuluh tangganya, tidak boleh sampai melewatkan satu anak tangga pun. 

Jadi ketika kamu sudah ada di puncak dan akan memandu orang lain untuk menaiki tangga tersebut kamu sudah tahu betul seluk beluk tangga tersebut sehingga akan barhasil memandunya dengan baik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x