Mohon tunggu...
Meimanputra Mendrofa
Meimanputra Mendrofa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa institut seni Indonesia Yogyakarta

Penggemar informasi tentang prestasi dan kontroversi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pendidikan di Rumah Membantu Sosialisasi Anak

2 November 2022   19:27 Diperbarui: 2 November 2022   19:42 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan merupakan suatu pemebelajaran tentang pengetahuan,keterampilan serta kebiasaan yang terjadi pada setiap kehidupan seseorang. 

Pendidikan menjadi sebuah hal yang harus dan wajib untuk di dapat setiap orang karena pendidikan itu tidak hanya mencangkup tentang pengetahuan saja, namun pendidikan juga dapat membentuk karakter seseorang serta mengubah kebiasaan kepribadian seseorang, dari yang buruk menjadi lebih baik. Pemberlakuan pendidikan bisa terjadi kapan dan dimana saja seperti dilingkungan keluarga,sekolah maupun lingkungan sekitar.

Seseorang biasanya akan mendapatkan pendidikan dimulai saat dirinya lahir hingga dewasa,sebagai salah satu bentuk pemberlakuan pendidikan terhadap seseorang,terjadi saat dirinya masih anak-anak dan mendapatkan ajaran serta didikan dari orang tua maupun orang lain yang berada di lingkungan sekitar tersebut. 

Anak-anak yang di didik berawal dari mereka kecil akan sangat membantu setiap proses interaksi dan sosialisasi nya terhadap sesama di masa yang akan mereka lalui kedepan. Salah satu bentuk proses pendidikan bermula secara proses sosial mengikuti seiap kepribadian seorang anak dan tentunya setiap anak memiliki bentuk pengetahuan yang berbeda-beda dalam proses tersebut. 

Seorang anak disebut mendapatkan pendidikan secara proses sosial, ketika anak tersebut jauh lebih banyak berinteraksi dengan linkungan serta jauh lebih banyak mendapatkan sumber pengetahuan baik kepada orng tua,teman,guru,maupun orang lain. Hal ini berarti bahwa anak itu mendapatkan pendidikan yang tidak terbatas karena pengetahuan tentang pendidikan yangdirinya dapatkan dapat diterapkan dan diterima di lingkungan keluarganya.

Sebagai contoh,seorang anak dari kecil telah diajarkan untuk melakukan kebiasaan yang baik dalam bersikap seperti halnya dalam berbicara,penampilan,dan cara anak tersebut menghargai orang yang lebih tua. 

Dalam hal ini, tentu saja tidak terlepas dari kendali dan bimbingan orang tua, karena cara seorang anak tersebut menyesuaikan diri dengan lingkungannya tentu saja mengikuti contoh tindakan orang tuanya terhadap linkungan sekitar itu dan kemudian anak tersebut akan menerapkannya dalam kepribadiannya. 

Maka dari itu,kebiasaan ini nantinya akan membentuk suatu karakter dan pengetahuan anak dalam hal bersikap dan bertindak terhadap orang-orang di lingkungan sekitarnya. Dengan begitu juga anak tersebut akan memiliki pengalaman serta pengetahuan tentang apa yang akan di lalui kedepannya.

Tentu saja dalam hal ini peran orang tua dalam mengambil bagian mendidik anak untuk bisa berproses secara sosial di lingkungan keluarga sangatlah membantu setiap perkembangan anak tertentu dalam berinteraksi dengan sesama.

Terlebih lagi akan membuka wawasan mereka terhadap berbagai pengetahuan dalam proses pendidikan serta dalam hal ini juga akan memberikan kesadaran bagi setiap anak bahwa selain untuk mendapatkan pengetahuan tentang interaksi dan sosialisasi,juga akan memberikan mereka pengetahuan tentang  pendidikan dalam berkarakter dan keterampilan untuk proses perkembangan mereka,setidaknya penerapan ini akan sangat bermanfaat bagi setiap indidvidu anak. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun