Mohon tunggu...
Meilya Wivyana
Meilya Wivyana Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018

Selanjutnya

Tutup

Atletik

Senam Yoga dapat Menjadi Alternatif Olahraga di Rumah

25 Juli 2021   17:01 Diperbarui: 25 Juli 2021   17:06 143 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Senam Yoga dapat Menjadi Alternatif Olahraga di Rumah
Atletik. Sumber ilustrasi: PEXELS/Andrea Piacquadio

Pada saat pandemi yang sedang terjadi saat ini dunia kesehatan dan dunia olahraga sangat berkaitan. Pasalnya ketika rajin berolahraga akan meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat memerangi virus-virus berbahaya bagi tubuh. Olahraga pada masa kini digandrungi banyak orang, bukan hanya soal bermanfaat bagi kesehatan tubuh tapi juga mental.

Dyah Ayu Woro Setyaningrum dalam artikelnya yang berjudul Pentingnya Olahraga Selama Pandemi Covid-19 yang dimuat di Jurnal Biomedikan dan Kesehatan Vol.3, No.4 (2020) mengungkapkan bahwa olahraga mengandung efek yang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan penurunan dalam tringliserid, menurunkan resiko penyakit jantung. Olahraga juga bermanfaat dalam meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan sistem fungsi kognitif, meningkatkan terhadap respos stress psikososial, dan dapat mencegah terjadinya depresi. Keuntungan yang didapatkan dengan melakukan olahraga dimasa pandemi ini sangatlah penting, karena akan menurunkan resiko dari penyakit kardovaskuler dan metabolik yang akan menurunkan tingkat fatal dari virus Covid-19 akibat adanya co-morbid yang juga dapat memperbaharui kualitas hidup pada umumnya. Dyah Ayu juga mengungkapkan bahwa olahraga rutin berguna dalam mengatur kualitas tidur dewasa dan dewasa tua, elemen-elemen imunitas tersebut ini pun akan meningkat untuk melawan Covid-19.

Dengan adanya Pandemi saat ini senam yoga dapat dijadikan pilihan olahraga alternative yang dapat dilakukan dirumah. Menurut Kholil Lur Rochman dalam bukunya yang berjudul Kesehatan Mental (2010) Yoga adalah salah satu dari bentuk yang paling populer dalam latihan kebugaran, sebab yoga lebih menyenangkan untuk dilakukan berkelompok dan dapat dilakukan sendiri tanpa orang lain. Latihan yoga tidak hanya membantu anda merasa lebih baik, tetapi juga membantu anda tidur lebih nyaman, dan dapat menghilangkan stress.

Dapat disimpulkan bahwa olahraga merupakan sesuatu yang penting dimasa pandemi ini karena bisa memperoleh peningkatan  sensitivitas  insulin,  peningkatan  fungsi  kognitif,  peningkatan  respons  terhadap  stres  psikososial,  serta  pencegahan  depresi. Olahraga bisa dilakukan di dalam ruangan sehingga tetap menjaga jarak dan terhindar dari kerumuman. Dengan olahraga aktifitas kita didalam rumah jadi lebih banyak dan menyebabkan peningkatan imun, karena dengan imun yang baik maka tubuh kita akan kuat jika ada virus yang masuk.

Meilya Wivyana, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN