Mohon tunggu...
Mega Yulianti Hartini
Mega Yulianti Hartini Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi IAIN JEMBER Pendidikan Agama Islam A2

الحمد لله رب العا لمين

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bagaimana Penyimpangan Sosial dan Konsep Moral dalam Pendidikan juga Masyarakat?

1 November 2020   20:54 Diperbarui: 1 November 2020   20:59 133 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Mari kita simak penjelasannya. Dalam hal ini tentunya kita akan membahas mengenai penyimpangan Sosial yang terjadi di masyarkat dan pendidikan serta konsep moral dalam pendidikan dan masyarakat. 

Nah kita akan membahas tentang penyimpangan sosial terlebih dahulu yaaa. 

Apasih itu penyimpangan sosial? Penyimpangan Sosial  merupakan Perbuatan atau Perilaku yang bertindak tidak sesuai dengan norma dan aturan yang ada di Masyarakat. Jadi, penyimpangan sosial adalah orang yang melanggar aturan yang sudah ada di dalam masyarakat. Banyak sekali penyimpangan sosial yang seringkali terjadi diruang lingkup masyarakat. 

Banyaknya manusia yang tidak taat dan tidak patuh pada aturan yang sudah jelas adanya bahkan sudah diketahui bahwa hal tersebut adalah perbuatan yang melanggar, namun orang tersebut tetap saja melanggarnya. Sepeti apakah confoh penyimpangan sosial? banyak sekali.. 

Seperti melakukan perbuatan narboba, membuang sampah tidak pada tempatnya, melakukan perjudian dan lain sebagainya yang berhubungan dengan perilaku yang menyimpang. Perbuatan seperti itu tidak boleh di tiru yaa teman teman karena perbuatan tersebut sangat tidak baik dan dapat merugikan diri sendiri serta masyrakat. 

Penyimpangan Sosial tidak hanya terjadi dalam ruang lingkup masyarakat saja, akan tetapi di dunia pendidikan atau pelajar juga banyak sekali siswa yang melakukan tindakan penyimpangan sosial. Seperti apakah tindakan menyimpang yang seringkali dilakukan oleh siswa? Yaitu seperti Tawuran antar pelajar bahkan antar sekolah, melakukan aksi Bullying atau penyiksaan terhadap temannya sendiri, Tidak masuk sekolah tanpa izin atau sengaja membolos dan lain sebagainya. Nah itu adalah contoh dari penyimpangan sosial yang sering dilakukan oleh pelajar. 

Selanjutnya... Penyebab terjadinya penyimpangan sosial. Nah, ternyata ada beberapa sebab seseorang melakukan penyimpangan sosial yaitu:

1. Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi yang dimaksud disini adalah orang yang memiliki ekonomi yang rendah dan tidak dapat mencukupi kebutuhan hidupnya. Banyak sekali orang yang melakukan berbagai cara untuk menghasilkan uang sehingga ia melakukan penyimpangan sosial seperti Merampok dan Mencuri

2. Faktor Lingkungan

Lingkungan juga menjadi faktor penyebab penyimpangan sosial, apabila lingkungan masyarakat kita baik maka kita akan ikut baik pula, sebaliknya jika lingkungan masyarakat buruk tidak dapat menuntut kemungkinan kita juga akan ikut keburukan tersebut

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan