Mohon tunggu...
Mega Fitria Wulandari
Mega Fitria Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswi

Info seputar matematika dan menarik lainnya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tokoh Matematika: Perseteruan antara Gerolamo Cardano dan Tartaglia (Bagian II)

15 Mei 2021   21:35 Diperbarui: 15 Mei 2021   21:38 112 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tokoh Matematika: Perseteruan antara Gerolamo Cardano dan Tartaglia (Bagian II)
Gerolamo Cardano(Kiri) dan  Tartaglia(Kanan)/Sumber Photo : dok.pribadi

Ini merupakan lanjutan dari Tokoh Matematika: Lebih dekat dengan Gerolamo Cardano (Bagian I). 

Siapa sangka, ternyata dalam perjalanan hidupnya, Gerolamo Cardano pernah berselisih paham dengan ilmuwan matematika lainnya. Ya, apalagi kalau tidak soal Matematika. 

Gerolamo Cardano sempat berseteru dengan salah satu ilmuwan matematika yang bernama Tartaglia. Baik Cardano maupun Tartaglia adalah seorang ilmuwan matematika yang berpengaruh pada masa Renaisance. Keduanya sama-sama membahas mengenai sistem persamaan pangkat tiga (kubik).

Jadi, ceritanya dimulai pada saat kisaran tahum 1505. Seorang ilmuwan matematika lainnya Scipio Ferreus dari bologna menemukan rumus persamaan pangkat tiga (kubik). 

Dan beliau membagikan rumus itu secara rahasia dan terbatas. Kemudian setelah beberapa tahun bahkan puluhan tahun diadakanlah kontes yang berhadiah uang ***(yang kita tidak tau berapa jumlah pastinya) khusus untuk para Matematikawan yang berhasil memecahkan persamaan pangkat tiga (kubik). 

Nah, selain dari hadiah uang, para matematikawan yang berhasil memecahkan masalah persamaan pangkat tiha itu nantinya juga akan mendapatkan prestise.

Nah, tepat pada tahun 1535 seorang murid Ferreus ditantang oleh Tartaglia untuk memecahkan persamaan pangkat tiga (kubik). Disatu sisi Ferreus ini mengumbar rumusnya, yang mana rumusnya ini juga dipegang oleh menantunya Scappio Ferreus yang berna Hanibal Nave. 

Uniknya, saat Ferreus secara otodidak mengunbar rumusnya, Tartalgia malah merahasiakan rumusnya tersebut. Yang mana hal ini mengundang rasa penasaran Cardano. Awalnya Cardano membujuk Tartaglia untuk memberikan rumus itu kepadanya. Tapi, permintaan tersebut ditolak oleh Tartaglia. 

Tapi, usaha Cardano tak berhenti sampai disitu. Cardano melakukan pendekatan kepada temannya Tartaglia yang bernama Marquis Dal Vasto. Cardano meminta bantuan dengan Marquis Dal Vasto untuk mempertemukan dirinya dengan Tartaglia. Danhal ini, diikuti oleh Marquis Dal Vasto. 

Setelah menyusun rencana sedemikian rupa, akhirnya Cardano berjumpa dengan Tartaglia dirumahnya Marquis Dal Vasto. Disana Cardano meminta Tartaglia untuk memberi tahunya akan rumus yang ditemukan oleh Tartaglia tersebut sembari mengucap sumpah yang berbunyi :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN