Mohon tunggu...
Medio Network
Medio Network Mohon Tunggu... Lainnya - Medio by KG Media

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut. Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Sering Dilupakan, Inilah Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan

24 Januari 2022   18:37 Diperbarui: 24 Januari 2022   18:38 679 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KOMUNIKASI adalah salah satu kunci terpenting dalam suatu hubungan. Komunikasi diperlukan agar tidak ada salah pengertian antarpasangan yang akan mengakibatkan runtuhnya hubungan. 

Komunikasi yang baik adalah salah satu elemen esensial dari hubungan sehat. Di dalam hubungan, baik itu romansa, keluarga, atau pertemanan, komunikasi diperlukan agar pribadi saling memahami. 

Suatu hubungan tentu terdapat masa naik dan turun, tapi semua rintangan itu dapat terlewati apabila pasangan memiliki komunikasi yang baik. Banyak dari kita lupa untuk mengkomunikasikan hal-hal kecil sehingga tanpa disadari "kilau" pada hubungan mulai luntur.

Selain itu, pasangan yang jarang berkomunikasi rentan mengalami konflik sehingga akan menyebabkan keretakan pada hubungan.

Menurut penelitian Anjani dan Lestari pada 2018, apabila konflik diatasi dengan pola komunikasi yang salah, tak menutup kemungkinan akan menimbulkan kekerasan psikis. 

Terdapat kelebihan dari komunikasi yang baik, di antaranya adalah untuk berbagi perasaan yang sedang dirasakan, pendapat mengenai suatu masalah, dan harapan terkait rencana masa depan. 

Banyak orang gagal berkomunikasi karena takut ditolak, takut berakhir mengecewakan, atau bahkan kehilangan pasangan, anggota keluarga, atau teman.

Silent treatment lahir dari komunikasi buruk 

Peribahasa "diam adalah emas" tampaknya tidak berlaku di semua kondisi, meskipun terkadang diam adalah hal terbaik yang digunakan untuk menghindari konflik. Beberapa orang juga lebih memilih diam saat tidak dapat mengutarakan emosi mereka. Akan tetapi, dalam suatu hubungan, diam dalam jangka waktu yang lama justru dapat membawa dampak negatif.

Salah satu dampak dari komunikasi yang buruk adalah silent treatment. Memperlakukan pasangan secara diam saat sedang memiliki masalah dapat menimbulkan asumsi liar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan