Setiap perusahaan umumnya akan merekrut tenaga kerja yang memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi siswa SMA/SMK untuk mengetahui keterampilan yang krusial dan harus dimiliki agar dapat diterima bekerja di perusahaan tersebut.
Hal ini juga bertujuan agar pilihan jurusan yang diambil dapat relevan dengan prospek kerja di masa depan. Selain itu, langkah ini juga dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia, karena terdapat kesesuaian antara sumber daya manusia yang tersedia dan kebutuhan tenaga kerja di perusahaan.
Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut, berikut adalah beberapa keterampilan yang penting untuk dipelajari dan dikuasai, sehingga dapat meningkatkan peluang diterima bekerja di masa depan seperti yang dilansir situs info loker:
Keterampilan Penting yang Harus Dimiliki untuk Diterima Bekerja
1. Skill Komunikasi
Keterampilan yang Harus Diketahui, Namun Tidak Banyak Orang Menyadarinya sebagai Keterampilan yang Sangat Penting untuk Dimiliki agar Diterima Bekerja. Hal ini disebabkan karena banyak perusahaan yang memerlukan tenaga kerja yang mampu berkomunikasi dengan baik, terutama untuk posisi-posisi seperti Public Relations, Marketing Communication, Professional Sales, bahkan hampir semua jenis pekerjaan membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik. Sayangnya, banyak orang menganggap hal ini sepele dan kurang memperhatikan pentingnya keterampilan tersebut.
2. Skill Teamwork
Keterampilan kerja sama dalam tim (teamwork) sangat penting untuk dimiliki oleh setiap individu dalam dunia kerja. Hal ini diperlukan untuk memastikan koordinasi yang baik dan efektif dalam kerja tim, sehingga tujuan atau target perusahaan dapat tercapai dengan baik.
3. Skill Negosiasi
Dalam beberapa jenis pekerjaan, keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai adalah keterampilan khusus dalam era digital ini. Misalnya, jika Anda bekerja sebagai tenaga penjualan (sales) atau di bidang komunikasi pemasaran (marketing communication), maka kemampuan dalam berkomunikasi dengan klien dan menjalin kerjasama adalah sangat penting.