Setelah menuliskan tips sederhana untuk pendidikan anak, RESES: Waktu Istirahat Otak untuk Anak-anak dan mengulas tentang pemberian Pekerjaan Rumah (PR) bagi siswa, beberapa teman memberikan komentar yang menambah energi untuk terus menggali isi buku Teach Like Finland. Secara khusus memang aku membagi link tulisan kepada teman-teman yang kutahu berprofesi sebagai guru. Baragam tanggapan makin menguatkanku untuk mencari topik lainnya untuk diceritakan.
Salah satu komentar yang aku ingat yaitu tentang "siswa-siswa Finland mungkin niat belajar sudah ada, sehingga manajemen waktu udah bisa". Ini tanggapan dari sahabat sekolahku yang saat ini mengajar di SD. Dia juga merasakan tantangan mengajar anak-anak di lingkungannya. Rupanya anak-anak lebih senang bermain dan orang tua tidak memperdulikan pendidikan anak.Â
Ah, rupanya masih ada tantangan di luar kegiatan yang bisa diatur oleh pihak sekolah/guru. Tanggapan lain mengamini bahwa memang perlu rehat sejenak supaya anak-anak tidak kebosanan, tapi nampaknya masih perlu advokasi untuk bisa menjadikan Reses sebagai pembiasaan di sekolah. Tak apa, aku menampung respon-respon itu untuk ditanggapi, sambil mencari ide lagi, tentu saja harus baca beberapa topik untuk melengkapi pertanyaan-pertanyaan yang terlontar.
Beberapa minggu terakhir, aku menyapa dan menulis di medsos dengan #janganlupabahagia. Terinspirasi pola pendekatan yang ditularkan para guru di Finland, aku ingin kebahagiaan juga menjadi pola untuk kehidupan anak-anak di Indonesia! Bukan soal di sana jumlah penduduknya sedikit dan negaranya sudah mapan sehingga bisa menerapkan kebahagiaan sebagai sikap hidup mereka, tapi lebih pada, bahwa kebahagiaan itu berasal dari dalam diri kita, tidak selalu tergantung pada situasi di luar. Kalau kita meyakini dan menumbuhkan sikap bahagia itu, tentulah kebahagiaan bisa tumbuh subur, karena itu aku sedang mencoba menanam dan memupuk rasa bahagia itu terus menerus.
Mari melihat arti kata bahagia itu, sebelum kita lanjutkan apa saja yang menjadi bahan terwujudnya kebahagiaan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
bahagia/ba*ha*gia/1n keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan)
Sementara kalau mengacu pada istilah psikologi, bahagia itu merupakan emosi positif yang dialami seseorang, yang terkadang tidak nampak wujudnya secara fisik. Banyak ahli memberikan definisi mengenai kebahagiaan ini. Tapi kali ini aku ingin menuliskan kebahagiaan dalam proses belajar pada anak-anak dengan menggunakan konsep dari Raj Raghunatan(2016). Menurutnya ada 4 bahan kebahagiaan itu, yaitu:
- Rasa memiliki
- Kemandirian
- Penguasaan
- Pola pikir
Wow.... apa bisa kita mewujudkan kebahagiaan pada anak-anak? Yakin bisa. Aku akan menuliskan hal-hal praktis yang bisa dilakukan oleh kita sebagai pendidik anak, baik guru maupun orang tua. Kita kupas dulu yang nomor 1 ya, rasa memiliki.
Sering kan mendengar, sense of belonging? Jika sering menggunakan pastilah tahu maknanya.  Ini kutipan dari mesin pencari Google ya.....sense of belonging biasanya diartikan sebagai rasa memiliki suatu kelompok atau organisasi dalam diri anggotanya. James Gilmore (2005) menyatakan bahwa, "A sense of belonging is the feeling of being connected and accepted within one's family and community."
Mengapa penting ada rasa memiliki pada siswa sekolah? Ya, para siswa perlu merasa bahwa kegiatan sekolah bukan semata-mata sebagai rutinitas, sebagai tugas seorang anak. Tapi, bersekolah lebih merupakan sebuah kegiatan untuk perkembangan dirinya, menjadi tempat dimana anak bisa mewujudkan rencana-rencananya, menjadi media menunjukan minat, bakat dan kemampuannya.Â
Jadi, sekolah itu bukan ajang "pencarian nilai", tapi menjadi media yang baik untuk mengembangkan potensi anak. Para siswa penting merasakan bahwa dirinya diterima dalam lingkungan sekolah dan terlibat dalam proses belajar karena semua pihak saling mendukung proses pembelajaran. Itulah makna sense of belonging yang dimaksud.