Mohon tunggu...
Suci Ayu Latifah
Suci Ayu Latifah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Satu Tekad Satu Tujuan

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Terserah Suka Nulis Apa

29 Maret 2019   15:04 Diperbarui: 29 Maret 2019   15:13 0 1 1 Mohon Tunggu...
Terserah Suka Nulis Apa
Dokpri

Sejumlah tiga mahasiswa dari kampus yang berbeda, tengah giat belajar menulis di Sekretariat Sekolah Literasi Gratis (SLG) Ponorogo, yang terhitung hampir seminggu ini.

Suasana belajar menulis malam-malam itu, mereka manfaatkan untuk berdiskusi persoalan desas-desus di Indonesia, kemudian dilanjut bagaimana pembahasan itu dialihkan dalam bentuk tulisan, seperti opini, puisi, cerita pendek, argumentasi, dan lain sebagainya.

"Untuk menulis, saya lebih suka opini. Jadi, saya menulis opini," ungkap Sri Wahyuni, mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Ponorogo ini.

Kesukaan menulis opini pun juga dirasakan Ayu, mahasiswa STKIP PGRI Ponorogo angkatan 2015. Meskipun harus membutuhkan banyak referensi dari hasil bacaan, seperti buku, koran, jurnal, dan lainnya ia lebih eksis di bidang itu.

Pribadi juga suka cerita, tapi lebih pada cerita anak untuk saat ini, katanya.

Sri, juga sempat menyinggung bahwa dari beberapa tulisan yang pernah dikirim ke media, yang sering nongol adalah opini. Ia mengaku membuat opini lebih mudah sebab hanya membutuhkan tiga rumus. yaitu Apa, Bagaimana, dan Mengapa.

Berbeda dengan mahasiswa asal Universitas Negeri Malang (UM), yang biasa disapa Dita ini. Pihaknya karena suka berdebat, jadi ia memulai menulis dalam bentuk argumentatif.

"Mengawali proses menulis, saya mulai dari sederhana, seperti arumentatif. Kebetulan juga di beberapa media terdapat kolom tersebut," tuturnya

Tidak saja sekadar berargumentasi, perempuan jurusan psikologis ini, juga mencari-cari referensi sebagai penguat argumennya. Pihaknya mencontohkan pemberitaan di salah satu koran, kemudian ia cermati dan pahami isinya. lalu ia bahasakan ulang (paraphrase) dengan kata-katanya sendiri.

Mulai dari meracik kata, memasang kata, dan terakhir menjahit kata. Ketiga mahasiswa itu memindahkan abjad yang berserakan di udara ke dalam layar monitor komputer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2