Mohon tunggu...
Mbak Avy
Mbak Avy Mohon Tunggu... Mom of 3

Kompasianer Surabaya | Alumni Danone Blogger Academy 3 | Jurnalis hariansurabaya.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Mengisi Ramadan dengan Melatih Percaya Diri

15 April 2021   21:13 Diperbarui: 15 April 2021   21:39 495 17 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengisi Ramadan dengan Melatih Percaya Diri
Menjadi narasumber di acara BI Jatim (dok.pri)

Beberapa hari sebelum Ramadan, seorang teman meminta saya untuk menjadi salah satu narasumber, eh tepatnya bintang tamu sih. Dalam satu acara gathering. Sebenarnya acaranya santai sih. Cuman yang mengundang itu bikin saya nggak santai hehehe *canda :D

Bank Indonesia Perwakilan Surabaya mengadakan acara Gathering dengan tajuk  "Cangkrukan Media -- Tetap Semangat dan Produktif di Ujung Masa Pandemi", yang melibatkan para jurnalis dan penggiat media wilayah Surabaya sebagai undangan. 

Sebagai blogger atau influencer yang juga mantan wartawan, saya diminta untuk berbagi pengalaman seputar kegiatan selama masa pandemi dua tahun ini. Supaya suasana makin seru, saya mengajak teman satu profesi (sesama blogger dan sesama pensiunan wartawan) plus konco plek yaitu mbak Nurul Rahmawati. Karena justru pengalaman beliau lebih cetar dan seru, sampai di undang google ke California segala.

Tapi yang jelas, tujuan kami sebagai bintang tamu adalah memberikan motivasi kepada para rekan media (yang semuanya juga teman-teman sendiri). Untuk tetap optimis, tetap semangat dan tetap menulis meskipun pandemi membuat kegiatan para insan pers tersebut sedikit terhambat. Karena yang diutamakan adalah tetap bisa menyebarkan informasi kapanpun dan dimanapun. Apalagi teknologi sekarang makin canggih dan modern. Semua komunikasi bisa dilakukan lewat online atau internet.

Jujur, ketika saya dari awal sudah diajak untuk berkolaborasi dalam acara tersebut. Nyali saya sudah menciut. Diundang nama besar Bank Indonesia, pastinya yang hadir adalah para pejabat beserta jajarannya. Belum harus berbicara di hadapan para wartawan yang cukup kritis, tidak perlu diajari lagi soal menulis, apalagi semua adalah teman sendiri. Belum-belum sudah grogi banget tuh.

Sebenarnya saya sudah beberapa kali diundang untuk menjadi narasumber yang membahas tentang seputar blogging, cara menggunakan media sosial dan tips sebagai seorang influencer. Satu hal yang saya yakin semua orang pasti bisa melakukannya. Tapi dengan pengalaman yang saya miliki yaitu sering menjadi koordinator, saya mungkin dipandang mempunyai pengalaman yang beda.

Seperti yang saya sampaikan di atas. Sering menjadi narasumber dan bintang tamu, tidak menjamin penampilan kita prima dan optimal. Kadang masih harus menggunakan trik supaya kelemahan kita tertutupi. Salah satunya yaitu saya mengajak mbak Nurul yang mempunyai pengalaman lebih seru hehehehe *ketawa buat menutupi aib :D

Dan ternyata acara juga sukses dan lancar. Teman saya yang mengajak memuji penampilan kami, terutama ide saya untuk mengajak mbak Nurul berkolaborasi. Acara jadi makin seru dan menarik.

Alhamdulillah

Selanjutnya, saya jadi tertantang untuk bisa tampil maksimal tanpa harus mencari trik-trik yang lain lagi. Jadi momen Ramadan ini bisa dipakai untuk meningkatkan skill dalam meningkatkan rasa percaya diri.

Caranya gimana dong? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN