Mohon tunggu...
Mbak Avy
Mbak Avy Mohon Tunggu... Penulis - Mom of 3

Kompasianer Surabaya | Alumni Danone Blogger Academy 3 | Jurnalis hariansurabaya.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Cara Cerdas Biar Enggak Boros di Bulan Ramadhan

28 Mei 2018   15:00 Diperbarui: 29 Mei 2018   15:10 639 4 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cara Cerdas Biar Enggak Boros di Bulan Ramadhan
(Sumber: Youtube/Manggala Migi)

Bulan Ramadhan dimana selama sebulan penuh kita berpuasa, seharusnya pengeluaran akan menurun karena jatah makan dan jajan akan berkurang. Tapi kenyataannya tidak begitu. Sebagian besar pengeluaran kita di bulan Ramadhan justru melonjak beberapa kali lipat. Mengapa demikian?

Sebenarnya tidak heran karena aktifitas waktu berbuka justru dianggap lebih spesial, yang akhirnya pengeluaran menjadi beberapa kali lipat dari hari biasa. Belum termasuk budget untuk membeli kue-kue atau persiapan lebaran.

Nah, untuk kalian yang mau menjalani bulan puasa ini dengan berhemat. Kalian bisa dikatakan cerdas kalau bisa mencoba tips berikut ini :

Bikin daftar menu selama sebulan. Biasanya harga bahan pokok selama bulan ramadhan itu cenderung akan naik terus. Karena hal ini sudah menjadi kebiasaan, makanya kita bisa mempersiapkan sejauh mungkin. Supaya kenaikan harga tidak berdampak banget pada pengeluaran kita selama bulan Ramadhan. Salah satu cara yaitu dengan berbelanja bahan pokok yang bisa tahan dalam jangaka waktu lama, minimal satu bulan.

Bisa juga manfaatkan diskon atau promo, yang membantu pengeluaran belanja lebih hemat. Tapi kalau dana tidak cukup untuk berbelanja sebulan, upayakan untuk belanja mingguan.Tips : Jangan lupa selalu membawa catatan belanja yang akan di beli, supaya tidak merembet pada barang yang kurang dibutuhkan. Manfaatkan promo dan diskon.

Membatasi berbuka puasa di luar. Kadang ada ajakan atau undangan buka puasa bersama baik dari sahabat, relasi bahkan keluarga. Kalau ini sih bisa masuk kategori hemat hehehehe.... Tapi kadang juga kita ada janji untuk ketemuan dengan teman atau relasi untuk satu urusan, dan itu di luar jadwal buka bersama. Biasanya disepakati untuk BDD atau bayar dewe-dewe (alias bayar sendiri-sendiri).

Tips:  Cari tempat yang terjangkau budget. Karena kuliner sekarang banyak sekali pilihan, dan bisa disesuaikan dengan budget. Kalau  mau lebih hemat lagi, bawa sendiri minum air putih

Masak sendiri. Bagaimanapun juga, memasak sendiri itu bisa di atur dan lebih hemat. Memasak makanan sendiri bisa jadi lebih murah apalagi memasak dalam jumlah cukup besar. Seperti untuk satu keluarga. Kecuali anak kos, yang hanya memasak untuk diri sendiri. Biaya yang dikeluarkan justru akan lebih mahal.

Mending beli, disamping lebih praktis juga hemat. Karena tidak harus memikirkan biaya untuk gas, minyak dan lain-lainnya.Tips : Memasak sesuai kebutuhan. Kalau memasak di luar, jangan lupa perhatikan kebersihannya. Karena kesehatan tetap nomor satu.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Manfaatkan Diskon dan Promo. Biasanya di awal bulan puasa sampai setelah lebaran, banyak toko menawarkan promo dan diskon yang gila-gilaan. Terutama yang menjual kebutuhan lebaran seperti baju, sepatu, mukena, sajadah, kue kering, sirup dan berbagai kebutuhan lainnya.Tips : Berbelanja sesuai kebutuhan dengan memanfaatkan diskon dan promo.

Pintar berkreasi. Terutama bagi ibu-ibu rumah tangga, akan lebih hemat kalau bikin camilan atau kue sendiri. Kalau tidak sempat bikin sendiri, harus bisa berkreasi. Misalnya beli kue yang sudah jadi, kemudian di hias dan di kemas menarik untuk di jual lagi.Tips : Bikin kue sendiri bisa menghemat pengeluaran. Apalagi kalau bisa membuka usaha untuk dijual, untuk mendapat pemasukan tambahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan