Mohon tunggu...
Mbak Avy
Mbak Avy Mohon Tunggu... Mom of 3

Kompasianer Surabaya | Alumni Danone Blogger Academy 3 | Jurnalis hariansurabaya.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Ajinomoto Melengkapi Sajian Masakan yang Aman dan Halal

8 Maret 2017   00:23 Diperbarui: 9 Maret 2017   11:21 1765 1 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ajinomoto Melengkapi Sajian Masakan yang Aman dan Halal
Kompasianer dan team manajemen di halaman depan pabrik Ajinomoto (dok.pri)

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan nama-nama produk bumbu penyedap seperti Ajinomoto, Masako, Saori, Mayumi, Sajiku dan sebagainya. Untuk sebagian orang pasti sudah langsung membayangkan, deretan komposisi bahan yang cukup membahayakan bagi kesehatan. Tapi sebagian ada yang tetap memakai, sebagian lagi ada juga yang hanya mengurangi. Karena ternyata justru banyak masyarakat kita yang sudah sangat ketergantungan sekali dalam menggunakan bumbu penyedap masakan tersebut.

Pro & Kontra MSG

Apakah aman menggunakan MSG? Pertanyaan inilah yang selalu menghantui kita. Demikian juga saya sendiri, termasuk orang yang menganggap bahwa penyedap rasa itu tidak baik untuk kesehatan. Tapi kalau memasak tanpa penyedap rasa kok rasanya juga kurang pas.  Hal inilah yang sering memunculkan dilema, selanjutnya menjadi perdebatan tapi tidak pernah selesai-selesai dan makin simpang siur.  Sedangkan informasi apa serta bagaimana suatu produk dinyatakan bagus dan aman untuk digunakan, itu sangat dibutuhkan sekali bagi masyarakat luas. Tidak terkecuali produk semacam MSG.

Sedangkan MSG sendiri telah berkembang menjadi salah satu bahan tambahan makanan yang sangat popular di dunia. Sebab MSG efektif dalam menguatkan rasa yang di kenal dengan nama umami. Oleh karena itu, penggunaan MSG semakin luas, baik pada industry makanan maupun rumah tangga. Sehingga keamanan penggunaan MSG selalu menjadi kontoversi sejak kurang lebih 40 tahun yang lalu hingga saat ini.

Mengenal Lebih Jauh Tentang MSG dengan mengikuti Kompasiana Visit ke Pabrik Ajinomoto di Mojokerto

Saya termasuk beruntung, terpilih bersama 20 orang Kompasianer yang mengikuti event Kompasiana Visit ke Pabrik Ajinomoto di Mojokerto Jawa Timur pada tanggal 01 Februari 2017 lalu. Berkunjung ke pabrik dan melihat langsung proses pembuatannya serta mendengarkan testimoni dari para pakar yang berkompeten di bidangnya.

Selain bisa berinteraksi dengan para ahli di bidang MSG, para kompasianer berkesempatan melihat proses pembuatannya secara langsung. Dari mulai kebersihan lingkungan pabrik, proses pembuatan yang steril dan terkontrol, sampai macam-macam produk yang dihasilkan. Tidak ketinggalan, para Kompasianer melihat demo masak yang diperagakan oleh alumni jebolan Master Chef sebuat station televisi swasta yaitu Chef Sarwan yaitu masakan khas Jawa Timur.

Terakhir sebelum pulang, para Kompasianer bersama jajaran manajemen PT. Ajinomoto Indonesia melaksanakan makan siang di kantin karyawan yang cukup bersih dan nyaman. Menu makan siangnya adalah Rawon, pecel dan beberapa lauk pauk yang cukup menggiurkan. Kelezatannya jangan diragukan lagi. Tentunya tidak lepas dari bumbu penyedap rasa produksi sendiri. Kami pun makan dengan lahap, tanpa rasa khawatir.

Mengulik Lebh Dalam Kandungan Dari MSG

Visit ke pabrik Ajinomoto memang merupakan salah satu sosialisasi untuk memberi pemahaman dan informasi yang tepat tentang MSG. Diharapkan para Kompasianer bisa memahami dan mengetahui apa kandungan dari MSG itu sebenarnya. Untuk selanjutnya bisa disampaikan ke masyarakat luas lewat tulisan. 

Pengertian dari MSG atau Monosodium Glutamate itu sendiri adalah garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu asam amino non-esensial paling berlimpah yang terbentuk secara alami. Susunan atas 78% Glutamat (komponen protein, asam amino), 12% sodium atau natrium (komponen garam) dan 10% air. Kandungan Glutamat yang tinggi itulah yang menyebabkan rasa gurih sebagai rasa kelima yang di sebut juga cita rasa umami. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN