Mohon tunggu...
Yulianti
Yulianti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Warga Negara Indonesia Asli, yang cinta dengan tanah air Indonesia. Seorang guru SMP Negeri 3 Pseksu, di Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dua Minggu Pertama di Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7

8 November 2022   11:55 Diperbarui: 8 November 2022   15:02 989
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulisan ini berisi tentang Jurnal Dwimingguan saya selama menjadi Calon Guru Penggerak, kali ini saya akan  akan merefleksi seluruh rangkaian kegiatan selama mempelajari modul 1.1. yaitu tentang Filosofis pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan.

Sesuai anjuran dari Instruktur saya, dalam mmerefleksi saya berdasarkan empat tahapan pertanyaan yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway yaitu: Facts (Peristiwa), Feelings (Perasaan), Findings (Pembelajaran), dan Future (Penerapan).

Dibawah ini adalah hasil refleksi yang telah saya lakukan :

Facts(Peristiwa)

Alhamdulillah wa syukurilah, karena saya dinyatakan lolos seleksi sebagai Calon Guru Penggerak Angkatan 7, pada tanggal 28 September 2022  karena atas ijin-Nya saya telah dinyatakan lolos untuk mengikuti Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7, padahal saya sudah separuh berharap karena peminat yang mengikuti seleksi Guru Penggerak Angkatan 7 sangat banyak, dan saat itu saya sudah dilantik sebagai Kepala SMP Negeri 3 Pseksu. Ternyata bagi kepala sekolah, CGP ini bisa terus lanjut, jikalau mendaftar di awal masih sebagai guru. Alhamdulillah.

Dan, pada tanggal 20 Oktober 2022, CGP Angkatan 7 resmi dibuka oleh Kemendikbudristek yaitu Bapak Nadiem Makarim,B.A.,M.B.A. dan Dirjen GTK melalui zoom yang diikuti CGP Angkatan 7 se Indonesia dan juga live youtube di Channel Ditjen GTK Kemdikbud RI. 

sumber gambar : dokumen pribadi
sumber gambar : dokumen pribadi

Dan saya langsung disuguhi jadwal implementasi Program Pendidikan Guru Penggerak Reguler dan Berkognisi Angkatan 7 Tahun 2022, yang lumayan padatnya. Mulai Tanggal 21 Oktober 2022, saya sudah harus mengerjakan Pre-Test Pada Modul I di LMS masing-masing yang sejak saaat itu saya harus berakrab ria dengan LMS Pendidikan Guru Penggerak.

sumber gambar : dokumen pribadi
sumber gambar : dokumen pribadi

Setelah itu dilanjutkan dengan Lokakarya Orientasi, yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lahat Selatan, pada hari Sabtu tanggal 22 Oktober 2022, pada pukul 08.00-16.30 WIB. Yang sangat padat kegiatannya, kegiatan ini juga mengundang Guru Senior, jika seperti saya yang Kepala Sekolah,  dan Kepala Sekolah bagi yang menjadi guru. Untuk menyamakan persepsi, dan bisa saling dukung, atau mensupport penuh  Calon Guru Penggerak (CGP). Di Lokakarya saya bertemu langsung dengaan Pengajar Praktik yang mendampingi saya, juga ditemukan dengan 5 CGP lainnya, yang merupakan teman satu kelompok dari beragam tingkat, ada 3 guru SD, dan 1 Guru SMK, dan 1  guru SMA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun