Mohon tunggu...
Abdul Azis Al Maulana
Abdul Azis Al Maulana Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa UIN Mataram

Abdul Azis Al-Maulana adalah Mahasiswa baru UIN Mataram yang suka menuangkan karyanya dalam bentuk tulisan. Dan tulisan yang anda baca ini adalah sebuah hasil dari otak mungilnya

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pola Pikir Minimalis, Upaya Mencintai Diri Sendiri yang Kece Abis

12 Juli 2022   08:11 Diperbarui: 12 Juli 2022   08:35 298 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dibuat oleh penulis

Pola Pikir Minimalis, Upaya Mencintai Diri Sendiri Yang Kece Abis

Minimalis belakangan ini menjadi salah satu seni hidup yang populer bagi masyarakat Indonesia, hal itu terjadi karena adanya beberapa buku serta para influencer yang membicarakan hal yang serupa. Pada akhirnya, trend minimalist menjadi salah satu hal yang paling sering diikuti.

Minimalis merupakan sebuah gaya, atau lebih khusus, bisa dikatakan sebagai suatu gaya hidup yang digunakan seseorang untuk tidak bersikap berlebihan dalam segi apapun.

Misalnya sebagai orang yang kerap menggunakan handphone, kita kerapkali melakukan screenschoot pada hal-hal yang tidak penting dengan harapan akan menggunakannya nantinya, akan tetapi faktanya hal tersebut tidak pernah terjadi sehingga screenshoot tadi hanya menjadi beban di handphone yang menyebabkan penyimpanan penuh.

Dan penyimpanan yang penuh, tentu akan membuat hal-hal penting yang semestinya disimpan menjadi tidak memiliki tempat. Sehingga pada akhirnya akan membuat kita kesusahan; kita akan kehabisan waktu untuk menimbang menghapus foto yang mana, dan kehilangan banyak waktu akan membuat hal-hal yang kita rencanakan pada akhirnya berantakan.

Mengutip dari Gramedia yang juga mengutip dari Joshua Becker sang penulis buku Becoming Minimalist, minimalis adalah tentang mendapatkan apa yang membuat anda bahagia dan menghilangkan apa yang tidak. Ini praktis dan seperti hidup sederhana. Kita hidup dalam kualitas, dan tidak banyak yang kita butuhkan.

Dalam dunia yang menuntut kita untuk menjadi sempurna, hidup minimalist pada akhirnya menjadi suatu hal yang harus dilakukan, dan tidak hanya tentang hidup, melainkan juga pola pikir yang harus umat manusia terapkan.

Pola Pikir Minimalis Sebagai Upaya Memperbaiki Diri Sendiri

Kita sebagai manusia dihujani jutaan informasi setiap harinya, dari yang fakta sampai yang hanya fiksi belaka. Semakin maraknya penggunaan social media juga membuat informasi-informasi tersebut malah cenderung membuat orang overthingking dan insomnia.

Pada akhirnya umat manusia mengkerangkeng dirinya pada ketakutan yang tidak pasti, hidup dalam ketakutan yang kemungkinan besarnya tidak akan pernah terjadi. Dan jikalau ketakutan itu bakalan terjadi, sebagai manusia kita telah tahu dan paham dengan betul bahwasanya kehidupan akan terus berjalan, meninggalkan kita menuju keabadian.

Pola pikir minimalis berarti paham dengan betul bahwasanya kita harus mengkualifikasi hal-hal yang sebaiknya masuk kedalam pikiran kita, membenarakan apa yang sebaiknya dibenarkan dan tidak terlalu memikirkan hal yang memang semestinya tidak perlu untuk dipikirkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan