Mohon tunggu...
Maz Atca Berliando
Maz Atca Berliando Mohon Tunggu... Penggiat

Tech and Information Addict.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Cara Sembunyikan Menu Navigasi di Layar OPPO A3S

15 September 2020   09:40 Diperbarui: 15 September 2020   09:48 20 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Sembunyikan Menu Navigasi di Layar OPPO A3S
Sumber: ph.priceprice.com

Kompasiana.com - Pada beberapa series dari HP OPPO sudah menggunakan full display pada layar smartphone mereka. Dengan konsep layar full display tersebut artinya luas layar pada HP OPPO tersebut hampir memenuhi panel layar bagian depan.

Selain itu, dengan penggunaan konsep full display tersebut ada beberapa tombol yang mungkin dihilangkan atau mungkin digantikan dengan virtual menu navigasi, seperti di HP OPPO A3s. Pada menu virtual navigasi tersebut akan mencakup beberapa tombol yang umum ada di smartphone, seperti tombol kembali, tombol home, tombol recents app dan lainnya.

Namun, menurut beberapa pengguna yang sudah menggunakan HP dengan konsep layar full display, mereka merasa terganggu dengan adanya menu virtual navigasi tersebut. Tapi tenang saja, pihak OPPO juga sudah menyediakan pengaturan yang bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan atau menonaktifkan menu virtual navigasi tersebut. silakan simak pembahasan berikut ini untuk menyembunyikan atau menonaktifkan menu virtual navigasi tersebut.



Cara Menyembunyikan Menu Navigasi di HP OPPO:
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, beberapa merk HP OPPO menggunakan menu navigasi pada bagian bawah layarnya, termasuk OPPO series A3s. Namun, jika Anda merasa terganggu dengan menu navigasi tersebut Anda bisa menyembunyikannya dengan cara berikut ini.

1. Pertama, silakan masuk ke menu pengaturan atau settings pada HP OPPO tersebut.
2. Lalu cari dan pilih menu Smart Convenience, biasanya menu ini terletak pada bagian bawah atau berada dekat menu Face & passcode.
3. Pada menu smart convenience, silakan tekan menu Navigation Keys.
4. Perhatikan pada bagian menu Virtual Navigation Keys Can Be Hidden, nantinya jika Anda mengaktifkan menu tersebut maka Anda bisa menyembunyikan menu navigasi pada bagian layar OPPO tersebut.
5. Silakan aktifkan menu Virtual Navigation Keys Can Be Hidden dengan menekan slider pada bagian kanan hingga berwarna hijau.
6. Setelah mengaktifkan menu tersebut, maka nantinya akan muncul tombol panah arah kebawah pada bagian kiri bawah menu navigasi tersebut.
7. Tombol panah arah kebawah tersebut bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan menu navigasi tersebut.
8. Jika sudah berhasil menyembunyikan menu navigasi tersebut, maka untuk menampilkan kembali menu navigasi-nya Anda hanya perlu mengusap atau swipe layar dari bawah ke atas.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, walaupun menu navigasi pada bagian layar HP OPPO tersebut bisa disembunyikan Anda juga tetap bisa menampilkannya kembali, yaitu dengan melakukan swipe dengan satu jari pada bagian layar dari bawah ke atas.



Cara Menonaktifkan Menu Navigasi Layar OPPO A3s:
Jika cara sebelumnya digunakan untuk menyembunyikan menu navigasi tersebut, lalu apakah ada cara untuk menonaktifkan menu navigasi pada layar OPPO a3s tersebut ? tentu saja bisa, caranya hampir mirip dengan cara sebelumnya. Jika Anda ingin menonaktifkan menu Navigasi layar OPPO A3s tersebut, silakan lakukan cara berikut ini.

1. Pertama, silakan masuk ke menu settings atau pengaturan pada HP OPPO Anda.
2. Lalu cari dan pilih menu Smart Convenience.
3. Selanjutnya, pilih menu Virtual Keys.
4. Pada menu virtual keys tersebut, silakan tekan menu Swipe-up Gesture Navigation.
5. Nantinya secara otomatis menu navigasi pada bagian bawah layar HP OPPO tersebut akan hilang.
6. Anda juga bisa perhatikan pada bagian bawah menu Swipe-up Gesture Navigation, ada beberapa opsi swipe yang akan menggantikan fungsi tombol-tombol yang sebelumnya ada pada menu navigasi tersebut.


Penutup,
Demikianlah cara sembunyikan menu navigasi di layar OPPO a3s. Jika misalnya Anda terganggu pada menu navigasi pada bagian bawah layar tersebut, maka Anda bisa menyembunyikan atau menonaktifkannya dengan cara diatas.

Walaupun sudah disembunyikan, Anda tidak perlu khawatir, tetap masih ada beberapa opsi yang bisa digunakan untuk menampilkan kembali menu navigasi tersebut atau menggunakan opsi lainnya sebagai pengganti fungsi tombol yang ada pada menu navigasi tersebut.

VIDEO PILIHAN